Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Redaksikota – Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin menyatakan, bahwa aa tidak mengetahui apakah surat tentang pergantian kepala BIN akan dibacakan atau tidak oleh pimpinan DPR pada Paripurna DPR hari ini Selasa (23/8/2016). Karena sampai saat ini, Pimpinan Komisi I DPR belum menerima surat tersebut.

‪”Pimpinan Komisi I DPR sampai dengan saat ini belum mendapatkan informasi tentang surat dari Presiden mengenai BIN. Saya tidak tahu apakah pada saat Paripurna DPR surat tersebut akan dibacakan atau tidak,” jelas TB Hasanuddin kepada wartawan di Gedung DPR, Selasa (23/8/2016).

‪TB Hasanuddin menuturkan, apabila surat itu dibacakan oleh pimpinan DPR dalam rapat paripurna, pihaknya akan segera melakukan fit and propertest terhadap calon Kepala BIN yang baru.‬

‪”Nanti dalam waktu segera kami akan laksanakan uji kelayakan dan memberikan pertimbangan, bukan persetujuan ya. Tapi memberikan pertimbangan sesuai Undang-undang yang berlaku kepada bapak Presiden melalui ketua DPR RI. Itu yang sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya.‬

‪Meski begitu, TB enggan mengomentari terkait apakah memang ada hal mendesak sehingga Kepala BIN sekarang, Sutiyoso harus digantikan oleh kepala BIN yang baru.

‪”Soal urgensi atau tidak kita serahkan hak preogratif Presiden,” tegasnya.

Sebelumnya, Nama Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan (BG) disebut-sebut akan menggantikan posisi Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru. Namun TB Hasanuddin menandaskan, bahwa Ia belum mendapatkan informasi apakah BG akan menempati posisi tersebut atau tidak.

“Yang jelas, Komisi I akan melakukan fit and propert test terhadap calon Kepala BIN, apabila surat dari Presiden sudah disampaikan oleh Ketua DPR Ade Komarudin kepada komisi I DPR,” imbuhnya.

 

YORIKE