Rizieq Shihab
Habib Muhammad Rizieq bin Shihab.
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Redaksikota.com – Kuasa hukum Habib Muhammad Rizieq bin Shihab, Sugito Atmo Prawiro membenarkan bahwa kasus kliennya itu sudah dinyatakan SP3 alias dihentikannya proses penyidikan di Polda Jawa Barat.

Menurut Sugito, ditutupnya kasus Habib Rizieq tersebut lantaran dari berbagai keterangan saksi dan barang bukti tidak ditemukan adanya unsur kesengajaan melakukan tindak pidana hatespeech terhadap Pancasila yang telah dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri itu.

“Itu kan tersangkanya Habib Rizieq, jadi karena tidak memenuhi unsur dan tidak ditemukan niat untuk berbuat jahat dari beberapa keterangan saksi dan beberapa ahli itu tidak ditemukan itu sehingga Bareskrim melalui Polda Jabar itu mengeluarkan SP3,” kata Sugito usai temui Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Rudolf Herry Nahak terkait barang bukti Habib Rizieq di Bareskrim Mabes Polri, Jumat (4/5/2018).

Kemudian informasi SP3 kasus Habib Rizieq tersebut juga dibenarkan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jawa Barat (Jabar), Kombes Pol Umar Surya Fana. Ia mengatakan bahwa proses penghentian kasus Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut dilakukan pada bulan Maret.

“Iya betul (dihentikan). Saya lupa mungkin kalau enggak bulan Februari atau Maret 2018,” ujar Kombes Pol Umar Surya Fana.