Beranda News Daerah ​Risma Tegaskan Pemerintah Harus Adil

​Risma Tegaskan Pemerintah Harus Adil

2.252 views
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

SURABAYA, Redaksikota.com-Di rumah dinas Walikota, Rabu (20/6/2018), Walikota Surabaya Tri Rismaharini, menggelar jumpa pers bersama awak media dari berbagai media berskala nasional dan lokal.

Dalam jumpa per situ, walikota memaparkan kondisi kota Surabaya. Salah satunya pada bidang pendidikan. “Kenapa dibentuk pemerintahan tujuannya adalah perlindungan kepada warganya. Itulah mengapa dulu saya memiliki kebijakan sekolah gratis terutama sekolah negeri. Karena di situlah letak keadilannya, di sekolah yang dikelola oleh pemerintah.”, tutur walikota.

Hal tersebut sebagaimana tercantum pada UUD 1945 pasal 34 ayat 1 berbunyi fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara dan sila kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Itu dinyatakan bahwa kita harus adil, siapa yang membuat adil itu adalah pemerintah. Jika hanya anak orang kaya dan pemimpin saja yang bisa sekolah ini sama dengan jaman dulu, jaman kolonialisme.”, tegas walikota perempuan pertama di Surabaya tersebut.

“Sekarang ini sudah jaman merdeka, anak miskin mau dia bisa masuk sekolah tapi gak bisa sekolah. Pihaknya telah bersurat beberapa kali. Pihaknya menemukan anak mabuk memikirkan bagaimana ia bisa kembali bersekolah. Jika dibiarkan, anak-anak seperti itu bisa berbuat kriminal seperti jambret.”, tutur walikota di depan para awak media.

Ia berharap pada tahun ajaran besok, Pemerintah Provinsi lebih memperhatikan biaya pendidikan untuk SMA dan SMK agar bisa diakses oleh masyarakat miskin sekalipun.