oleh

​Densus 88 Tangkap 5 Orang Terduga Teroris Di Blitar

SURABAYA, Redaksikota.com-Lima orang terduga teroris ditangkap di Blitar, Jawa Timur. Kelima terduga teroris ini merupakan bagian dari kelompok Jemaah Anshorut Daulah (JAD) Blitar. “Mereka merupakan kelompok JAD Blitar,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Kamis (14/6/2018).

Frans mengatakan, penangkapan kelima terduga teroris ini merupakan pengembangan dari pengeledahan yang dilakukan Densus 88 kontrakan di Kelurahan Bajang, Kecamatan Talun. Dari pengembangan itu, Densus 88 berhasil menangkap 3 terduga teroris di lokasi berbeda.

Anang ditangkap di daerah Lingkungan Bajang, Zuhri ditangkap di Desa Kamulan Dusun Jati, dan Hidayat ditangkap di Begelenan. Setelah itu, Densus 88 menangkap dua terduga teroris lainnya, yakni Heru ditangkap di Desa Semen, dan Katiman ditangkap di Desa Bening. “Lima orang telah diamankan terkait jaringan JAD yakni AR, MSZ, NH, HW, dan K,” imbuh dia.

Setelah ditangkap, kelima terduga teroris langsung dibawa ke Mako Brimob Polda Jawa Timur untuk menjalani pemeriksaan selanjutnya.

Dalam penangkapan itu, Tim Detasemen Khusus (Densus 88) Antiteror Mabes Polri menyita sepucuk pistol buatan Belgia saat menangkap tiga terduga teroris di Blitar, Jawa Timur, Rabu (13/6/2018) malam. Tak hanya itu, Densus 88 juga menyita laptop,flashdisk, dan beberapa buku serta dokumen.

Penangkapan ketiganya berawal saat tim Densus menggeledah rumah kontrakan di Kelurahan Bajang, Kecamatan Talun. Saat ini, kontrakan tersebut telah dipasangi garis polisi. Sementara ketiganya masih diperiksa di Mapolres Blitar.

Para terduga teroris itu sudah menyewa rumah kontrakan milik pria bernama Nanang selama tiga tahun. Namun dalam lingkungan sekitar, mereka semua memang dikenal tertutup dan kerap menggelar kegiatan eksklusif.

Penangkapan lima terduga teroris tersebut dilakukan petugas di tiga lokasi yang berbeda. Yakni di Kelurahan Bajang Kecamatan Talun, Desa Semen Kecamatan Gandusari, dan di Desa Bening Kecamatan Wlingi.

Berikut lima terduga teroris yang disergap Densus AT Mabes Polri :

1. Anang Rusianto Alamat : RT 02 RW 01, Lingkungan/Kelurahan Bajang Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

2. Muhammad Saefudin Zuhri Alamat : RT 02 RW 02 Dusun Jati, Desa Kamulan, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

3. dr Nur Hidayat Alamat: Jl Kelud No 25, RT 03 RW 03 Dsn Begelenan Desa Jajar Kel Talun Kab Blitar.

4. Heru Wijayanto Alamat : RT 01 RW 03 Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

5. Katiman Alamat : Jl Dr. Sutomo No 15, RT 03 RW 08, Desa Bening Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Komentar