Apresiasi Kinerja Polri, KIP : 90,4 Persen Pemudik Puas dengan Penyelenggaraan Mudik 2024

images15 1

Jakarta – Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP), Donny Yoesgiantoro, mengapresiasi Polri terkait capaian di survei Indikator Politik Indonesia terkait penyelenggaraan mudik 2024. Masyarakat memberikan apresiasi karena pelaksanaan arus mudik dan arus balik mudik 2024 berjalan aman dan lancar.

Dari hasil survei yang dilakukan kepada 1.227 responden, mayoritas, 73,9% merasa puas dengan mudik tahun ini. Bahkan dari mereka yang melaksanakan mudik, tingkat kepuasannya meningkat 90,4% dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 82,60 persen.

Bacaan Lainnya

“Mengapresiasi kepada Polisi Republik Indonesia atas hasil survei Indikator yang disampaikan kemarin bahwa masyarakat puas dengan penyelenggaraan mudik Lebaran tahun 2024,” ujar Donny di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Seperti diketahui, Polri menggelar Operasi Ketupat 2024 pada 4-16 April lalu, dalam rangka pengamanan Lebaran 2024. “Tentunya ini merupakan hasil kerja sama yang solid antara Polri, TNI, dan kementerian/lembaga untuk mewujudkan mudik yang aman, nyaman, ceria, dan penuh makna kepada masyarakat,” kata Donny.

Hal yang memengaruhi kepuasan masyarakat terhadap mudik yakni terkait dengan layanan angkutan umum, kondisi jalan, pengaturan lalu lintas dan ketersediaan bahan bakar. Warga paling banyak merasa puas dengan kondisi pengaturan lalu lintas, yakni 78,9%, kemudian ketersediaan bahan bakar 75,4% dan kondisi jalan 70,3%.

Kendati jumlah pemudik pada tahun ini meningkat sebanyak 50%, yakni sebanyak 193 juta jiwa dibanding tahun lalu, yaitu 120 juta jiwa, namun masyarakat puas dengan penyelenggaraan mudik yang dilakukan pemerintah.

Selain itu, masyarakat setuju dengan kebijakan polisi dalam rekayasa lalulintas. Para responden merasakan dampak positif dari adanya contraflow dan one way dalam mengurai kemacetan demi kelancaran para pemudik.

Pencapaian kepuasan masyarakat yang meningkat, berkat kesiapan Polri, TNI, kementerian dan lembaga yang disertai perencanaan yang matang dalam Operasi Ketupat 2024. Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus melakukan pengecekan ke terminal, stasiun kereta, pelabuhan, dan bandara serta memantau langsung melalui helikopter.

Sinergi yang solid antara Polri-TNI dan kementerian lembaga menjadi kunci suksesnya dalam Operasi Ketupat 2024 dalam mewujudkan Mudik Ceria dan Penuh Makna. Kesuksesan mudik lebaran tak lepas dari semua pihak yang telah bekerja keras di lapangan selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan jumlah pemudik tahun ini meningkat. Tentunya dia menekankan sinergi merupakan kunci kelancaran mudik Lebaran. Dia berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja secara optimal.

“Kami berterima kasih kepada seluruh petugas di lapangan dan rekan-rekan media yang telah bekerja keras. Saya juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung dalam mewujudkan arus balik dapat berjalan aman, nyaman dan lancar,” kata Kapolri.

Pos terkait