Aksi Bhoga Sevanam, Panitia Nasional Nyepi Bagikan Puluhan Ribu Paket Berbuka Puasa

IMG 20240408 WA0008

Jakarta – Panitia Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 Tahun 2024 kembali menggelar Aksi Sosial Kepedulian kepada sesama yang menggugah rasa persaudaraan, kemanusiaan, toleransi dan kebangsaan, bahwa sesungguhnya kita bersaudara “Vaisudeva Kuthumbakam”. Kegiatan ini dinamakan “Bhoga Sevanam”, konsentrasi kegiatannya tersebar di 17 Pura se-Jabodetabek serta Pura atau wilayah sekitar Pura di berbagai provinsi seluruh Indonesia, pada Minggu, (07/04/2024).

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 17.00 sd 18.00 di wilayah sekitar Pura di seluruh Indonesia, dilaksanakan dengan turun ke jalan bertemu dan menyapa serta berbagi makanan dan minuman kepada sesama, terutama kepada saudara-saudara kita Umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, waktu yang tepat menjelang berbuka puasa.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tersebut, Koordinator Bidang Kesehatan dan Bhakti Sosial Panitia Nasional Nyepi Tahun Baru Saka 1946 drg. Nyoman Suartanu,MA mengutarakan bahwa kegiatan berbagi, dalam Kitab Veda dan Susastra Agama Hindu termasuk dalam YADNYA.

“Pengorbanan dengan memberi, berbagi secara tulus ikhlas kepada siapapun yang membutuhkan. Punia atau Donasi yang paling memberikan makna adalah berbagi. Merupakan tindakan yang mulia saat berbagi makanan untuk berbuka kepada saudara kita yang sedang kurang beruntung, terhambat waktu ataupun yang sedang melintas di depan Pura.” ucapnya.

Drg Nyoman Suartanu menambahkan informasinya bahwa Bhoga Sevanam ini masih dalam rangkaian kegiatan Hari Suci Nyepi dan Dharma Santi Nasional Tahun 2024, dilaksanakan oleh Panitia Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946. Kegiatan ini dilaksanakan dalam lingkup nasional yang didukung oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHD), Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Banjar, Pengempon Pura, unsur Pemuda dan Remaja, serta dukungan penuh oleh seluruh Ormas Hindu tingkat nasional.

Adapaun komponen Ormas Hindu tersebut antara lain: Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI), Prajaniti Indonesia, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia, Pandu Nusa, Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI), Perkumpulan Pendidik Pasraman Indonesia, Dosen Hindu Indonesia, Pinandita Sanggraha Nusantara serta Majapahid Nusantara.

Menurut Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia Selaku Ketua Umum Panitia menyampaikan bahwa jumlah sumbangan atau punia berupa bhoga yang sudah terkumpul dan dibagikan pada hari ini sebanyak 12.286 paket, terdiri dari 6.925 nasi kotak/bungkus, 4.738 takjil dan 623 paket sembako. Semua ini merupakan hasil gotong royong sumbangan atau punia organisasi Hindu, pengempon Pura, Banjar, dan umat Hindu yang berada di wilayah kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan Aksi Bhoga Sevanam, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI Purn Wisnu Bawa Tenaya yang didampingi oleh Ketua Umum Panitia Nasional yang juga turut hadir di Pura Mustika Dharma Cijantung menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada Para Pimpinan Umat, Organisasi Masyarakat Hindu serta seluruh Komponen Banjar, Suka Duka maupun Pengempon Pura yang telah bekerjasama dan bekerja keras dalam mensukseskan Aksi Sosial Kemanusiaan Bhoga Sevanam ini.

Beliau pun mengharapkan agar kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat ini pada tahun ke berikutnya dapat dilaksanakan dengan lebih luas dan lebih bermanfaat dan bermakna sampai ke pelosok.

“Kegiatan melayani, berbagi, berkorban secara tulus ikhlas sangat dianjurkan kepada sesama sebagai wujud toleransi, serta merawat kebhinekaan untuk memperkuat rasa kebangsaan kita.” ujarnya.

Koordinator Aksi Bhoga Sevanam I Nyoman Gde Agus Asrama menyampaikan bahwa cakupan titik dan lokasi pelayanan Bhoga Sevanam meliputi wilayah Jabodebabek, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, NTB, hingga Papua. Secara detail disampaikan untuk wilayah Jakarta meliputi: Pura Adidtya Jaya Rawamangun Jakarta Timur, Pura Chandra Praba Jelambar Jakarta Barat, Pura Dalem Purnajati Cilincing Jakarta Utara; Pura Agung Wira Satya Bhuana Tanah Abang Jakarta Pusat; Pura Amertajati Cinere Jakarta Selatan; Pura Agung Widya Mandala Lenteng Agung Jakarta Selatan; Pura Mustika Dharma Cijantung Jakarta Timur.

Untuk wilayah Bogor yaitu Pura Satya Loka Arcana, Ciangsana Kabupaten Bogor; Pura Giri Kusuma Kota Bogor; Pura Raditya Dharma Cibinong, Kabupaten Bogor; Pura Angkasa Amertha Dharma Jati Bogor, Kuil Hindu Siwa Gunung Putri Kabupaten Bogor.

Sedangkan titik pelaksanaan Bhoga Sevanam di daerah Jabodetabek lainnya meliputi Pura Agung Tirta Bhuana Kota Bekasi; Parahyangan Agung Jagatnatha Pasundan Sukatani Kabupaten Bekasi; Pura Parahyangan Jagat Guru BSD Tangerang Selatan Banten; Pura Agung Kertajaya Tangerang Banten; Pura Dalem Prajapati Purna Pralina Kelapa Dua Depok.

Sementara untuk wilayah diluar Jabodetabek meliputi : Pura Agung Giri Jagat Natha Tarakan Kalimantan Utara, Pura Agung Jagat Natha Banjarmasin Kalimantan Selatan, Sekretariat Bersama PHDI dan organisasi Hindu Bandar Lampung, Pura Indraprasta Solo Jawa Tengah, Pura Agung Amertha Sari Jember Jawa Timur, dan 4 lokasi di wilayah Malang Raya, Jawa Timur, Pura Prajapati Teuku Umar Denpasar dan Pura Maospahit Tonja Denpasar Bali, Pura Meru Cakranegara Lombok NTB, Pura Wana Kertha Jagatnatha Palu Sulawesi Tengah, Sekretariat bersama PHDI Kolaka Sulawesi Tenggara, Pura Giri Natha Makasar Sulawesi Selatan, Pura Jagadnatha Kabupaten Keerom Papua.

Pos terkait