Politikus PDIP Shintya Sandra Kusuma Sesalkan Tuduhan Penggelembungan Suara

images94

Jakarta – Calon Anggota Legislatif DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah IX, Shintya Sandra Kusuma menyesalkan adanya upaya pihak yang melakukan penggiringan opini. Di mana, Shintya dituding melakukan penggelembungan suara pada Pemilu Legislatif 2024.

Kuasa Hukum Shintya, R Surya Nuswontoro selaku lawyer dari One Law Firm untuk meminta para pihak yang mempersoalkan penghitungan suara harus disampaikan melalui koridor hukum yang berlaku sesuai Undang-Undang Pemilihan Umum (Pemilu).

Bacaan Lainnya

Ia membantah adanya informasi mengenai kliennya yang mencoba untuk melalukan penggelembungan suara.

“Kami menyesalkan dan menyayangkan adanya pihak-pihak yang mencoba menggiring opini terhadap klien kami, karena jelas itu tidak benar,” kata Surya melalui keterangannya pada Sabtu (9/3/2024).

Menurut dia, rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU Daerah Brebes telah selesai dilakukan pada Selasa, 5 Maret 2024. Sehingga, kata dia, proses itu yang dijadikan patokan bahwa Pemilu 2024 di Kabupaten Brebes berjalan dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan.

“Mestinya, hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh KPUD Brebes menjadi dasar bahwa Pemilu 2024 berjalan dengan baik. Maka, tuduhan yg dilakukan oleh beberapa pihak terhadap klien kami itu dengan sendirinya tidak relevan,” ujarnya.

Kata Surya, apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU Daerah Brebes, sebaiknya mengambil jalur hukum atau mekanisme yang sudah ditentukan peraturan perundang-undangan. “Sebaiknya tempuh jalur yang telah diatur oleh Undang-undang Pemilu. Bukan dengan menggiring opini,” ucapnya.

Diketahui, hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU Daerah Brebes, Jawa Tengah menunjukkan bahwa ada tiga calon anggota legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang memiliki potensi lolos ke Senayan di daerah pemilihan Jawa Tengah IX.

Pertama, Shanty Alda Nathalia nomor urut pertama dengan perolehan suara sebanyak 138.485 suara. Kedua, Shintya Sandra Kusuma dengan nomor urut 8 meraih suara sebanyak 85.177 suara. Ketiga, Harris Turino dengan nomor urut 2 meraup suara sebanyak 28.903 suara.

Pos terkait