Ketua Umum Matakin Serukan Kawal Pemilu Damai, Tanpa Perpecahan & Jaga Persatuan

IMG 20240311 WA0003

Ketua Umum Matakin Budi S. Tanuwibowo mengatakan perbedaan dalam pemilu merupakan hal wajar. Menurutnya, orang-orang yang berbudi luhur tidak akan melakukan hal yang merugikan.

“Kita boleh berbeda, tapi satu hal, banyak hal lain yang bisa membuat kita tetap satu. Lagi pula yang seharusnya orang beriman dan berbudi luhur, berkompetisi adalah hal yang wajar selama anda tidak melakukan hal-hal yang negatif,” katanya.

Bacaan Lainnya

“Mudah-mudahan dan saya yakin pula bangsa indonesia terbukti berkali-kali diprediksi akan begini dan begitu ternyata tetap solid. Bukan solid karena satu ras, satu agama tapi karena satu hati dan satu juan yaitu Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan pancasila,” imbuhnya.

Matakin dan beberapa Ormas Keagamaan sepakat Deklarasi Pemilu Damai. Adapun isi “Deklarasi Pemilu 2024 Damai” yang mereka bacakan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab. Memilih yes! Golput no!

2. Menentukan pilihan dengan jiwa bebas merdeka sesuai suara hati nurani sendiri. Abaikan semua rayuan, bujukan, bisikan, ajakan, tekanan dan atau ancaman. Ikuti suara hati nurani, yes! Bujukan dan intimidasi, no!

3. Ikut aktif menjaga dan mengawasi seluruh tahapan pemilu agar berlangsung sesuai asas luber, jurdil, sehingga pemilu berlangsung aman, damai, dan bermartabat. Pemilu damai, luber, jurdil, yes! Pemilu curang, no!

4. Tajamkan nalar dan suara hati. Jangan memilih mereka yang bertentangan dengan dan atau melanggar prinsip luber dan jurdil. Dukung calon yang bermartabat, menjunjung prinsip luber dan jurdil. Pilih yang bermartabat, yes! Yang tidak bermartabat, no!

5. Jaga dan junjung tinggi persatuan di atas perbedaan pilihan. Persatuan bangsa, yes! Perpecahan, no!

6. Ingatkan seluruh anggota keluarga, sanak-saudara, kawan, dan sahabat, bahwa pemilu adalah momen penting bagi masa depan bangsa dan negara kita. Maka, gunakan hak kita dengan sebaik-baiknya secara merdeka tanpa perlu memusuhi mereka yang berbeda pilihan.

Pos terkait