5 Prestasi Gibran di Solo, Nomor 3 Bikin Inkubator Bisnis Solo Technopark

gibran rakabuming 7 2998108890

JCCNetwork.id- Prestasi Gibran Rakabuming Raka yang menjabat sebagai Wali Kota Solo sekaligus Calon Wakil Presiden nomor urut 2 telah menunjukkan kemampuan kepemimpinan yang luar biasa dengan dan salah satu pencapaian pentingnya adalah. Inkubator Bisnis Solo Technopark yang baru-baru ini masuk dalam daftar 15 inkubator bisnis terbesar di Indonesia.

Kemajuan Inkubator Bisnis Solo Technopark ini mencerminkan komitmen Gibran Rakabuming dalam mendukung inovasi dan kewirausahaan di kota Solo.

Di bawah kepemimpinannya, Cawapres nomor urut 2 itu telah berhasil mengurangi angka kemiskinan di Solo, kota yang dikenal dengan warisan budaya yang kaya.

Melalui pendekatan inovatif dan dedikasi yang kuat, Gibran Rakabuming telah mengimplementasikan berbagai inisiatif yang telah berkontribusi pada pembangunan dan kemajuan kota.

Tidak hanya membuat Solo lebih maju, tetapi juga meningkatkan inklusivitas dan daya saingnya.

Selain Inkubator Bisnis Solo Technopark, Gibran juga telah mencatat prestasi lain, termasuk peningkatan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi kota dan penerimaan penghargaan Adipura, yang menegaskan komitmennya terhadap lingkungan dan kebersihan kota.

Prestasi Gibran Rakabuming menjadi bukti nyata dari kemampuan kepemimpinannya dan kontribusinya yang signifikan dalam memajukan kota Solo dan meningkatkan kualitas hidup warganya.

Lantas apa saja prestasi Gibran Rakabuming Raka? Berikut ini ulasannya

5 Prestasi Gibran Rakabuming Selama Menjabat Sebagai Wali Kota Solo

1. Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Kota Solo

Prestasi Gibran Rakabuming yang pertama adalah berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Solo secara signifikan, mencapai 6,25% pada tahun 2022.

Ini merupakan lonjakan positif yang luar biasa dari -1,74% ketika ia memulai masa jabatannya di tahun 2021.

Peningkatan ini menandai Solo sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Jawa, melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di angka 5,3%.

2. Inkubator Bisnis Solo Technopark Masuk ke Dalam 15 Besar

Di bawah kepemimpinan Gibran Rakabuming, Inkubator Bisnis Solo Technopark, meraih pengakuan nasional sebagai salah satu dari 15 inkubator terbaik di Indonesia.

Penghargaan yang diterima Inkubator Bisnis Solo Technopark ini diberikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM melalui Inkubasi Award 2023 yang diikuti oleh lebih dari 300 lembaga inkubator se-Indonesia.

Prestasi Inkubator Solo Technopark ini mencerminkan komitmen Gibran Rakabuming dalam mendukung pengembangan usaha dan kewirausahaan, khususnya di kalangan pengusaha muda di Kota Solo.

3. Pengurangan Angka Kemiskinan

Prestasi Gibran Rakabuming yang berikutnya adalah berhasil mengurangi angka kemiskinan di Kota Solo.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan di Solo menurun dari 9,40% pada 2021 menjadi 8,84% pada tahun 2022.

Penurunan ini juga terlihat pada Indeks Keparahan Kemiskinan yang mengalami penurunan, menandakan adanya distribusi pengeluaran yang lebih merata di antara penduduk miskin, yang mencerminkan peningkatan kualitas hidup warga Solo.

4. Penerimaan Penghargaan Adipura

Di bawah kepemimpinan Gibran, Solo berhasil meraih penghargaan bergengsi Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini adalah bukti keberhasilan Pemerintah Kota Surakarta dalam menjaga kebersihan dan estetika kota, serta merupakan pengakuan atas upaya konservasi lingkungan yang berkelanjutan.

5. Membangun Hunian Layak Huni

Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, selama masa jabatannya sebagai Wali Kota Solo, telah meluncurkan dan berhasil mengimplementasikan program “Rumah Menjadi Layak Tinggal” (Melati).

Program ini, yang diresmikan bersama Korem 074 Surakarta pada awal periode jabatannya pada 12 Mei 2021, bertujuan merenovasi rumah-rumah tidak layak huni di Solo.

Sebanyak 28 rumah berhasil direnovasi melalui program ini, dengan tiga di antaranya diumumkan secara resmi.

Itu dia 5 prestasi Gibran Rakabuming Raka selama dirinya menjabat menjadi Wali Kota Solo. Keberhasilannya dalam mengurangi angka kemiskinan di Solo dalam waktu kurang dari 5 tahun serta membuat Inkubator Bisnis Solo Technopark menunjukkan bahwa dirinya memiliki kapasitas yang mumpuni untuk membawa Indonesia menjadi lebih maju.

Pos terkait