Tingkat Kepuasan Tinggi, Ini Perubahan yang Dilakukan Gibran Sebagai Wali Kota Solo

gibran rakabuming 7 2998108890

Redaksikota.com- Calon Wakil Presiden nomor urut 2 sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, telah menunjukkan kapasitas kepemimpinannya melalui perubahan besar dan kemajuan yang dia bawa ke Kota Solo.

Kota yang dikenal dengan budayanya ini telah mengalami transformasi, terutama dalam pengembangan tata ruang yang menarik bagi wisatawan. Meskipun Gibran awalnya sering dipandang sebagai figur baru dalam politik, dia telah membuktikan bahwa usia mudanya bukanlah penghalang untuk mengemban tanggung jawab kepemimpinan.

Kinerjanya sebagai Wali Kota Solo telah berhasil mengubah wajah kota menjadi lebih modern dan menarik. Kepemimpinan Gibran di Kota Solo tidak bisa diabaikan.

Selama dua tahun menjabat, telah terjadi banyak perubahan positif di kota kelahirannya. Indonesia Indicator (I2) mencatat bahwa Gibran menjadi Wali Kota paling populer pada tahun 2021, disebutkan sebanyak 28.779.574 kali dalam 6.470 media online di Indonesia.

Berikut beberapa perkembangan kota Solo di selama masa kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka :

1. Dukung Perkembangan Anak Muda
Anak muda di Solo merasakan manfaat dari fasilitas yang disediakan oleh Gibran dan Wakil Wali Kota Teguh. Hal ini tercermin dari diskusi yang berlangsung di SUA-KARTA (Tatap Muka, Kata Anak Muda) di Convention Hall Tirtonadi. Pemerintah Kota Surakarta dianggap sangat mendukung aktivitas anak muda, seperti Dance Sport, serta industri distro dan e-sport.

Pemkot Surakarta telah memberikan dukungan penuh kepada kebutuhan anak muda yang kreatif dan produktif, dan mengajak mereka untuk menjaga fasilitas yang ada serta mempromosikan Kota Solo. Pemkot Surakarta juga terbuka untuk masukan kritis untuk perbaikan.

2. Perekonomian Tumbuh Pesat
Perekonomian Kota Solo juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Ekonomi Solo tercatat naik dari minus 1,76 persen pada tahun 2020 menjadi 6,25 persen pada tahun 2022, menjadi yang tertinggi kedua se-Jawa Tengah.

3. Revitalisasi Pembangunan
Kota Solo telah mengalami kemajuan yang signifikan dalam berbagai proyek pembangunan sejak Gibran Rakabuming Raka menjabat sebagai Wali Kota. Kota ini mendapatkan banyak proyek pemerintah, serta terpilih untuk menerima dana hibah dari Uni Emirat Arab.

Menurut laporan Solopos, saat ini terdapat 17 titik utama yang menjadi fokus pembangunan di Solo, termasuk pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed, Islamic Center, revitalisasi Solo Technopark, Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo, dan berbagai proyek lainnya yang mencakup revitalisasi pasar, taman, dan fasilitas olahraga.

4. Tingkatkan Pariwisata
Meskipun beberapa proyek masih dalam proses pembangunan, seperti Islamic Center di Masjid Sheikh Zayed dan pembangunan PLTSA Putri Cempo, Gibran telah mendorong Solo menjadi destinasi wisata yang lebih menarik.

Salah satu inisiatif yang menonjol adalah penataan Koridor Gatot Subroto (Gatsu) yang diubah menjadi area mirip Malioboro, dengan night market yang berlangsung setiap Jumat dan Sabtu. Ide ini merupakan bagian dari upaya Gibran untuk meningkatkan kunjungan turis ke Solo, menjadikan kota ini destinasi wisata yang dinamis bagi penduduk lokal dan wisatawan dari berbagai daerah.

Dilansir dari situs resmi kota Surakarta, tingkat kepuasan terhadap pemerintahan Gibran Bersama wakil Wali Kotanya, Teguh Prakosa mencapai 96 persen. Pembangunan infrastruktur oleh Pemkot Surakarta telah meningkatkan perekonomian dan memberikan sarana hiburan bagi warga.

Solo menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali dengan tingkat toleransi agama dan etnis yang tinggi, menarik banyak pengunjung dan berdampak positif pada perekonomian, serta menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

Pos terkait