Dapat Dukungan UMKM, Teras Sukses Persembahkan Teater “Kisah Kasih Siti Nurbaya”

IMG 20231127 WA0013

JAKARTA – Sanggar Teater Anak Nusantara (Teras) sukses mementaskan Teater Musikal berjudul “Kisah Kasih Siti Nurbaya” di Gedung Kesenian Jakarta pada Sabtu (11/11/2023) malam.

Teater musikal yang diangkat dari novel karya Marah Rusli ini menceritakan kisah tentang dua remaja bernama Sitti Nurbaya dan Samsul Bahri yang hendak menjalin cinta tetapi terpisah ketika Samsul terpaksa pergi dari Padang ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan.

Bacaan Lainnya

Dalam cerita ini juga menghadirkan sosok Datuk Maringgih yang merupakan seorang kaya yang kikir di Padang.

Dikisahkan, Siti Nurbaya menawarkan diri untuk menikah dengan Datuk Meringgih (yang kaya tetapi kasar) sebagai cara untuk ayahnya hidup bebas dari utang. Siti Nurbaya kemudian dibunuh oleh Datuk Meringgih dengan cara diracuni.

Pada akhir cerita, Samsul yang menjadi anggota tentara kolonial Belanda membunuh Datuk Meringgih dalam suatu revolusi lalu meninggal akibat lukanya.

“Benang merahnya, Kisah Kasih Siti Nurbaya diceritakan dari kisah gadis Minang yang mana dia adalah wanita yang dijodohkan oleh orang tuanya karena hutang piutang sendiri,” kata Ketua Pelaksana Teater Musikal KKSN Rifki kepada wartawan, Minggu (26/11/2023).

Sebelum pentas Teater Musikal Kisah Kasih Siti Nurbaya (KKSN), Teras juga sukses menggelar spesial show KKSN pada Jumat (10/11/2023) yang khusus dihadiri oleh tamu undangan.

“Acara spesial show itu dihadiri tamu undangan dari sponsorship, dinas pendidikan, selebritis, hingga influencer,” ujar Rifki.

Sementara itu, sutradara sekaligus pendiri Teras, Indra Wahyudi, menjelaskan soal alasan pihaknya mengangkat cerita rakyat dalam panggung teater.

“Sanggar Teater Anak Nusantara berdiri sejak tahun 2012, dan setiap tahun kita menampilkan cerita rakyat. Tahun ini kita angkat kisah dari Siti Nurbaya menjadi sebuah pertunjukan,” ucap dia.

Menurut Indra, saat ini kegemaran masyarakat akan cerita rakyat mulai memudar. Karena itulah, mereka terus berupaya mengangkat kembali cerita rakyat lewat pentas teater.

Cerita rakyat yang diangkat, lanjut Indra, disajikan dengan lebih modern sehingga bisa dinikmati semua kalangan.

“Tujuan pementasan tentunya kita mengenalkan cerita-cerita rakyat. Karena memang di Indonesia sendiri itu agak sedikit mulai hilang untuk jiwa mencintai cerita rakyat itu sendiri,” ujarnya.

“Jadi kami ingin mengembalikan vibes dari cerita rakyat itu menjadi daya tarik sendiri yang kita sajikan dengan lebih modern atau dengan cara yang berbeda agar dinikmati semua kalangan,” jelas Indra.

Lebih lanjut, Indra berharap teater musikal dengan menampilkan cerita rakyat ini kian mendapat tempat di hati masyarakat. Dengan begitu maka para pelaku seni akan semakin terpacu untuk membuat karya- karya yang lebih spektakuler di panggung teater Tanah Air.

“Kami berharap bisa menyelenggarakan kegiatan yang lebih besar lagi dan tentunya dengan dukungan dan support dari berbagai pihak,” ucap dia.

Teater Musikal KSSN Didukung UMKM

Suksesnya gelaran Teater Musikal Kisah Kasih Siti Nurbaya tak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk para sponsor yang sebagian besar merupakan UMKM.

Salah satu UMKM yang menjadi sponsor utama Teater Musikal KKSN adalah brand produk kecantikan dalam negeri, Alohilohi Skincare.

Dedy Syawal selaku Brand Manager Alohilohi Skincare membeberkan alasan pihaknya mendukung penuh pentas Teater Musikal Kisah Kasih Siti Nurbaya.

“Selain sebagai produk lokal untuk kecantikan, kita juga punya visi misi. Jadi tidak hanya dari sisi beauty-nya, tapi kita juga dukung dari sisi kebudayaan dan pendidikan. Kita ada tim khusus sosial juga,” tutur Dedy.

“Jadi ketika kita mendapat informasi adanya acara pentas teater ini, kita langsung men-support tim teater di sini,” sambungnya.

Dedy menjelaskan bahwa dukungan kepada generasi muda di bidang seni dan budaya, pendidikan, serta kegiatan lainnya merupakan salah satu visi misi dari Alohilohi Skincare.

“Sebenarnya kita produk baru banget di Indonesia. Di mana kalau kita bicara skincare banyak sekali, tapi kita ngebranding produk kita bukan hanya dari sisi kualitas produk saja, tapi ngebranding bahwasanya Alohilohi juga mensupport anak bangsa dari sisi pendidik, kebudayaan, dan kesenian juga,” ungkapnya.

“Jadi kita punya banyak agenda untuk support kegiatan lain, namun ini (pentas Teater Musikal KKSN) sebagai gebrakan pertama kami untuk support tim teater saat ini,” tandas Dedy.

Adapun bentuk dukungan yang diberikan Alohilohi Skincare dalam acara Teater Musikal KKSN berupa uang tunai, produk kecantikan yang digunakan para pemain, hingga give away kepada penonton.

“Kami senang sudah jadi bagian dari acara ini. Kami dukung penuh kegiatan seperti ini, senang kerjasama dengan Teras,” ucap Dedy.

Dukungan penuh Alohilohi Skincare terhadap kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari pihak penyelenggara Teater Musikal KKSN.

“Sangat baik banget dari Alohilohi, kita dapat feed back yang berlebih dar Alohilohi. Kita dapat beberapa produk, cash money, dan itu sangat mendukung acara ini. Apalagi Alohilohi jadi sponsor utama project Kisah Kasih Siti Nurbaya 2023 ini,” ujar Ketua Pelaksana Teater Musikal KKSN Rifki.

Hal senada juga diutarakan oleh sutradara sekaligus pendiri Teras, Indra Wahyudi. Ia mengaku bangga pentas teater itu mendapat dukungan dari brand lokal seperti Alohilohi Skincare.

“Sebuah perasaan bangga, karena kami ingin melibatkan produk-produk dalam negeri yang tentunya kami bisa siarkan juga kepada masyarakat,” tuturnya.

“Dengan kita bekerjasama dengan produk-produk dalam negeri kita harapkan sama-sama berkembang, dan bisa maju bersama-sama,” pungkas Indra.

Pos terkait