Pemilu 2024 dengan Politik Sehat, ILUNI UI Ajak Semua Pihak Jaga Kualitas Demokrasi

IMG 20231117 WA0052

Jakarta – Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Didit Ratam menekankan perlunya menjaga kualitas demokrasi guna menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

“Kami berharap seluruh elemen bangsa menjadi penggerak terbangunnya ruang sosial politik yang sehat, yang berkeadilan dan menghargai kebebasan berpendapat,” kata Didit dalam konferensi pers di Direktorat UI Salemba, Jakarta, Kamis (16/11/2023).

Bacaan Lainnya

Ia juga mengingatkan semua pihak, terutama penyelenggaran dan peserta Pemilu untuk mengedepankan asas keadilan dan kebebasan berpendapat. Menurutnya, hal ini dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

“Pemilu 2024 hanya satu babak dari perjalanan bangsa Indonesia yang panjang, kita terus menerus terbukti mampu menjaga kerukunan,” ujar Didit.

Ia menjelaskan, ruang politik sehat menitikberatkan pada upaya-upaya bersama untuk meningkatkan literasi politik yang mencerdaskan bangsa, yang melindungi keselamatan seluruh bangsa, dan dapat diupayakan oleh siapa saja.

“Demokrasi yang maju membangun ruang yang luas terhadap inklusivitas yang membawa semangat persatuan,” ujar Didit.

Termasuk dalam pemanfaatan dunia digital yang terus bergerak dengan cepat.

“Juga upaya pemanfaatan kemajuan teknologi seperti artifisial intelejen (AI) dan media sosial dapat meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya generasi muda,” paparnya.

Lebih lanjut, Didit mengatakan, dalam menyambut Pemilu 2024, ILUNI UI siap menjadi wadah bersinergi dan berkolaborasi. Tujuannya untuk memberikan kontribusi yang berasa dampaknya bagi masyarakat.

“Pintu ILUNI UI selalu terbuka dan siap mendengar pikiran dan gagasan terbaik dari siapapun dalam rangka berkolaborasi meningkatkan kualitas demokrasi dan untuk cita-cita kesejahteraan Indonesia,” jelas dia.

Di kesempatan sama, Sekretaris Jenderal ILUNI UI Ahmad Fitrianto menekankan, esensi dari Pemilu adalah adu gagasan dan kemampuan eksekusi yang diselenggarakan dengan menjunjung asas free dan fair.

“Kemudian, menghindari kecurangan, menolak politik uang, tanpa adanya intimidasi kepada semua elemen, menghargai hak asasi manusia, mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa,” tutur Ahmad.

Dalam kegiatan jumpa pers ini turut dihadiri perwakilan KPU dan Bawaslu, serta tim sukses dari ketiga pasangan Capres-Cawapres.

Selain itu hadir juga para alumni UI dari berbagai partai politik seperti Herzaky Mahendra Putra dari Partai Demokrat, Faldo Maldini dari PSI.

Lalu ada juga para publik figur yang maju di Pileg 2024. Tak ketinggalan perwakilan organisasi nonpartisan yang juga tokoh masyarakat.

Pos terkait