Kapolri : Laporkan dengan Bukti Kalau Ada Polisi Tak Netral, Jangan Hanya Framing

kapolri wapres 987080006

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat melaporkan apabila melihat ada aparat kepolisian tidak netral dalam rangkaian pelaksanaan Pemilu 2024. Namun, harus disertakan bukti agar tidak timbul framing.

“Kalau ada yang melanggar komitmen tersebut, silakan saja dilapor tentu kita akan proses. Namun sebaliknya, harus ada bukti yang cukup, jangan hanya framing, jangan hanya isu tapi ada bukti yang cukup,” kata Sigit di Kantor Wakil Presiden RI, Selasa (14/11/2023).

Bacaan Lainnya

Ia menegaskan Polri akan melaksanakan patroli dan sebagainya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, termasuk mengampanyekan pemilu damai.

“Tentunya, ini menjadi pertanyaan kenapa ada Polri pada saat ini melaksanakan patroli dan sebagainya. Jadi itu semua kita lakukan dalam rangka kerangka pengamanan, tidak lebih dari itu,” ujarnya.

Jadi, apabila Polri selama ini selalu berkeliling adalah untuk menyampaikan deklarasi Pemilu damai. Sigit menyebut hal itu penting buat masyarakat yang tentunya akan berdampak, karena dalam Pemilu pasti ada perbedaan pendapat.

“Kita tidak ingin terjadi polarisasi terhadap anak-anak bangsa, karena persatuan kesatuan itu lebih diutamakan. Tugas Polri saya kira sama dengan TNI, adalah bagaimana menjaga keutuhan masyarakat, keutuhan bangsa, persatuan dan kesatuan, itu yang utama siapapun presidennya,” jelas dia.

Ia juga memastikan Polri berkomitmen mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024. Maka dari itu, Sigit menyebut jajarannya Kepolisian Republik Indonesia akan melakukan patroli untuk kelancaran dan ketertiban jalannya rangkaian pemilu.

“Polri dalam kegiatan pemilu memiliki tugas untuk melaksanakan pengamanan terkait dengan rangkaian tahapan pemilu. Jadi mulai awal pada saat KPU, Bawaslu menyampaikan bahwa tahapan pemilu dimulai, di situ juga Polri menggelar yang namanya operasi Mantab Brata,” ungkapnya.

Semenjak ada penyelenggaraan Pemilu, kata Sigit, maka Polri mendapat tugas untuk melaksanakan pengamanan tahapan pemilu mulai dari start sampai nanti kegiatan distribusi. “Saya kira ini bukan hanya dilaksanakan pada pemilu kali ini,” jelas dia.

Pos terkait