Hari Santri Nasional dalam Tahun Politik, Pimpinan Ponpes Cadangpinggan Indramayu : Jaga Persatuan, Hormati Perbedaan

IMG 20231020 WA0006

Jawa Barat – Perayaan Hari Santri Nasional yang dirayakan di Pondok Pesantren Cadangpinggan Kab. Indramayu Provinsi Jawa Barat pada tanggal 20 Oktober dan 22 Oktober 2023 dikemas dalam Parade Budaya & Festival Santri 2023. Walau acara sederhana namun tetap meriah.

Dalam sambutan Prof. KH Abdul Syakur Yasin MA selaku Pengasuh Pondok Pesantren Cadangpinggan Indramayu (20/10/2023) menyampaikan bahwa Hari Santri Nasional adalah merupakan pengakuan pemerintah terhadap kiprah para santri dalam memperjuangan kemerdekaan dan menjaga kedaulatan NKRI.

Bacaan Lainnya

“Kita harus mensyukuri bahwa santri menjadi satu bagian penting bagi negara ini. Dirayakan hari santri itu artinya bahwa kaum santri mendapat penghargaan yang setinggi-tingginya dari pemerintahan Jokowi,” ungkap ulama yang akrab disapa Buya Syakur.

“Tetapi jangan hanya mensyukuri, harus ingat bagaimana eksistensinya.” sambungnya.

Dijelaskan Buya Syakur, dalam konteks ke-Indonesiaan, santri sangat berperan besar sebagai penjaga moral bangsa saat ini dan menjaga toleransi beragama.

“Pondok Pesantren Cadangpinggan ini sangat menghormati Keberagaman suku, agama dan ras di Indonesia.” ungkapnya.

Dalam tahun politik saat ini, Buya Syakur mengharapkan santri harus bisa berperan untuk ikut serta menjaga situasi keamanan di masyarakat pada Pemilu dan Pilpres 2024.

“Menjaga persatuan dan menghormati perbedaan.” tegasnya.

Buya syakur juga berharap para santri dapat menjadi pemimpin di masa depan.

“Dengan menjaga persatuan dan menghormati perbedaan, maka kita juga berharap para santri bisa menjadi sosok pemimpin di masa depan.” tandasnya.

Pos terkait