Melukis On the Spot UIN Sunan Kalijaga, Stafsus BPIP : Menggambarkan Pemimpin yang Punya Roso, Jaga Persatuan dalam Keberagaman

IMG 20230926 WA0007

Yogyakarta – Dalam rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis yang ke-72, UIN Sunan Kalijaga menggelar acara Melukis On the Spot yang menghadirkan seniman-seniman terkemuka dari kota Yogyakarta. Acara yang diadakan pada hari ini, 25 September 2023. Agenda ini bukan sekadar ajang seni, melainkan juga wujud ekspresi seni yang mendalam dalam menggambarkan tata nilai keadaban dan kecintaan terhadap bangsa.

Acara yang menjadi sarana bagi seniman-seniman Jogja untuk mengungkapkan gerak ekspresi kesenian dan melukis sebagai bentuk olah rasa yang menandakan pentingnya kebudayaan dalam mengaktualisasikan rasa. Seperti yang disampaikan oleh Staff khusus ketua dewan pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Benny Susetyo, “Kegiatan melukis on the spot dalam rangka rangkaian kegiatan Dies Natalis UIN Sunan Kalijaga Jogja ini adalah bentuk pengaktualisasian hubungan yang baik antara pemimpin dan warga masyarakat.”
Lebih Lanjut, Doktor Komunikasi politik ini menyatakan bahwa, kegiatan ini adalah gambaran tentang bagaimana masa depan Indonesia seharusnya dirangkai.

Bacaan Lainnya

“Yaitu dengan menemukan kembali relasi hubungan pemimpin dan warga yang saling memberikan rasa damai sejahtera dan rasa kebahagiaan.” kata dia.
Kemudian dalam acara yang diselenggarakan di Selasar gedung Serbaguna Prof H.M Amin Abdullah, UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta ini, Benny lebih dalam menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi satu tanda bahwa ekspresi kesenian merupakan bagian dari ekspresi roso.

“Maka diharapkan lewat kegiatan ini masyarakat secara keseluruhan baik pemimpin maupun rakyat, memiliki roso yang merupakan inti dari nilai-nilai Pancasila, yaitu roso terhadap ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.” ucap dia.

Benny menekankan bahwa nilai dan “roso” yang tergores dari lukisan-lukisan yang dibuat dalam acara ini merupakan penggambaran tentang pentingnya menjadi pemimpin yang mampu merangkai dan membentuk persaudaraan sejati di Indonesia.

“Karenanya, kegiatan ini harus dijadikan sebagai sebuah gerakan, sebuah langkah awal dalam upaya menemukan keutamaan-keutamaan hidup sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.” ungkapnya.
Akhirnya Benny menutup pernyataannya di kegiatan yang dihadiri oleh para seniman dan civitas akademika UIN Sunan Kalijaga ini dengan harapan semoga kegiatan Melukis On the Spot ini menjadi gambaran bagaimana seharusnya para pemimpin dengan sepenuh hati melayani segenap warga masyarakat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga kegiatan ini menjadi catatan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin melayani warganya sesuai dengan semangat Pancasila dengan menciptakan masyarakat yang damai dan berkeadilan.” pungkasnya.

Pos terkait