KKB Tembaki Pesawat Sipil, BAT : Jelas Melanggar HAM, Komnas HAM Harus Melek Mata!

IMG 20230926 WA0020

Papua – Kelompok Barisan Aktivis Timur (BAT) mengecam aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Ananias Ati Mimin yang disebut kelompok Bintang Timur yang menembaki sebuah pesawat sipil yang sedang terbang di wilayah Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, pekan lalu.

“Aksi KKB sangat biadab, dan sangat kriminal. KKB melakukan penembakan pesawat sipil sangat tidak manusiawi, harus segera ditindak secara tegas,” tegas Ketua BAT Riko, hari ini.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Komnas Ham harus melek mata dengan adanya viral video penembakan pesawat oleh KKB tersebut. Apalagi, kata dia, banyak masyarakat sipil jadi korban kekejaman KKB.

“Ini bukti KKB telah melakukan pelanggaran HAM yang dilakukan KKB Papua. Jadi sudah seharusnya Komnas HAM segera bersikap untuk hentikan aksi melanggar HAM oleh kelompok KKB,” pungkasnya.

Diketahui, selain menyerang aparat dan membakar kios milik warga, anggota KKB juga terlihat menembaki sebuah pesawat sipil yang sedang terbang di wilayah itu, Kamis (21/9).

Aksi tembak-tembak ini viral setelah video tersebut menyebar di media sosial.

Diketahui, pesawat tersebut sedang melayani penerbangan dari dan ke Oksibil, Pegunungan Bintang.

KKB Berupaya Ganggu Penerbangan
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri mengatakan penerbangan di wilayah Pegunungan Papua tak terganggu, tak ada laporan korban.

“Ya, di video yang mereka tembak dan tidak kena, dibuang (diviralkan) seolah-olah mereka ganggu penerbangan. Penerbangan semua di lapangan terbang yang ada dalam pantauan aparat keamanan itu aman,” kata Fakhiri diwawancarai wartawan di Kodam Cenderawasih, Minggu (24/9).

Pos terkait