Why Manners Matters : Kolaborasi ILUSKI & Beyond Education Indonesia, Bicara Tata Krama di Era Digital

IMG 20230914 WA0010

Jakarta – Ikatan Alumni SD Besuki (ILUSKI) yang sekarang dikenal dengan SDN Menteng 01, menyelenggarakan talkshow “Why Manners Matters” jelang reuni akbar ILUSKI ke 2 tahun 2024.

Alfie Dasaad, alumni Angkatan 85 sekaligus Ketua Reuni Akbar ILUSKI ke 2 mengemukakan bahwa reuni akbar akan diselenggarakan tahun 2024 sekaligus memperingati berdirinya sekolah tersebut yang sekarang berusia 90 tahun.

Bacaan Lainnya

SDN Menteng 01 ini terletak di Jl. Besuki no.4, didirikan pada tahun 1934 oleh Pemerintahan Kolonial Belanda. Pada saat itu, sekolah ini disediakan untuk anak-anak belanda dan bangsawan atau kaum eite di Jakarta. Tidak hanya itu, Barack Obama, mantan Presiden Amerika Serikat ke 44 pernah bersekolah di SD Besuki dari tahun 1969-1971. Barack Obama dan anak-anaknya sempat mendatangi sekolah ketika berkunjung ke Indonesia.
Pihak ILUSKI berkolaborasi dengan Beyond Education Indonesia yang memiliki berbagai aktivitas di bidang pendidikan. Dr. Rahtika Diana, M.Si, founder Beyond Education Indonesia yang juga alumni SD Besuki memberi perhatian pada pendidikan karakter anak khususnya usia dini (SD). Pembentukan karakter sangat penting karena menentukan kualitas SDM yang berperan dalam kemajuan suatu bangsa.

“Saat ini, kita mengalami krisis tata krama di era digital, yang semua serba instan dan terbuka dengan kebebasan berekspresi. Padahal masyarakat Indonesia dikenal sangat menjunjung tinggi nilai kesopanan, kehormatan dan bertutur kata baik dalam berinteraksi.” ungkapnya.
Talkshow edukasi di SD Besuki menghadirkan Dr. Vivid F. Argarini, seorang motivator dan konselor pendidikan dan penulis buku “Manners Matters”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa betapa pentingnya tata krama dan berkomunikasi yang baik di sekitar lingkungan sekolah. Beberapa penelitian menunjukkan peningkatan kekerasan fisik/verbal dikalangan remaja dan rendahnya pemahaman terhadap moral baik dan buruk.

Adapun peserta talkhsow adalah siswa-siswa kelas 6 angkatan 90. Kegiatan bertemakan tata krama baru pertama kali diadakan di sekolah ini. Terlihat dari antusiasnya Bapak Irawan selaku Kepala sekolah SD Besuki Menteng 01. Beliau memberikan apresiasi atas perhatian para alumni memperhatikan kebutuhan siswa-siswanya.

“Tentunya sekolah mensupport talkshow yang menjadi event pertama dalam rangkaian kegiatan menuju Reuni Akbar ILUSKI 2024 -Road to 90th SD Besuki Menteng 01.” tandasnya.

Pos terkait