Satgas Preventif Polri Pastikan KTT ASEAN Hari Pertama Aman & Lancar

IMG 20230905 WA0001

Jakarta – Kasatgas Preventif Operasi Tribrata Jaya 2023, Brigjen. Pol. Rudy Antariksawan, memastikan pencegahan pengamanan di area penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 hari ini di Jakarta berjalan aman.

Kasatgas menjelaskan, terdapat enam subsatgas yang dikerahkan, yakni subsatgas bandara, subsatgas hotel, subsatgas pengamanan obyek, subsatgas sterilisasi, subsatgas kawasan, dan subsatgas pengamanan wilayah. Terdapat 3.784 personel yang terlibat dalam enam subsatgas tersebut.

Bacaan Lainnya

“Hari pertama kami mengantisipasi tamu-tamu yang berangkat dari akomodasi hotel, baik itu hotel prioritas 1 maupun hotel prioritas 2 sampai ke lokasi yang dituju,” jelasnya dalam konferensi pers, Selasa (5/9/23).

Menurutnya, hingga hari ini masih ada tamu delegasi yang baru datang ke Indonesia. Semua pengamanan pun dilakukan bersama dengan Paspampres, TNI, dan kementerian terkait.

“Diharapkan masyarakat ikut serta bersama menjaga KTT ASEAN agar aman dan nyaman,” ujar Kasatgas.

Untuk diketahui, KTT ke-43 ASEAN berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta yang diikuti oleh 22 negara, terdiri atas 11 negara ASEAN meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Presiden RI Joko Widodo membuka KTT ke-43 ASEAN, sekaligus memimpin 12 pertemuan. Rangkaian pertemuan tersebut adalah KTT ke-43 dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya adalah KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pos terkait