Patung Sukarno di Kab Bandung Tak Pakai Dana Pemerintah, Faktanya di Beberapa Daerah pun Sudah Bertebaran Patung Proklamator RI

IMG 20230822 WA0005

Jakarta – Patung Sukarno yang akan ditempatkan di Kabupaten Bandung Barat jadi perbincangan khalayak. Pasalnya, patung yang dibuat di Yogyakarta tersebut menghabiskan anggaran hinga Rp 15 miliar. Bahkan dari kabar terbaru, monumen ini dapat mencapai Rp 10 triliun hingga Rp 20 triliun.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa anggaran fantastis ini berasal dari inisiatif masyarakat yang dikoordinir oleh Yayasan Putra Nasional Indonesia, dan bukan menggunakan anggaran pemerintah. Meskipun bukan dari dana pemerintah, namun banyak masyarakat yang terheran-heran dengan uang sebesar itu dihabiskan hanya untuk sebuah patung.

Menurut Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, nilai investasi sebesar Rp 10 triliun bukan hanya untuk pembangunan Patung Soekarno. Namun, juga akumulasi investasi pembangunan perumahan, perkantoran, dan pusat bisnis yang saling terintegrasi.

“Mungkin bisa Rp 20 triliun karena luasan yang nanti dibangun itu hampir kayak Kota Baru Parahyangan, 1.270 hektare,” kata Hengky.

Diketahui, kota mandiri Walini Raya akan dibangun oleh konsorsium Ciputra, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII serta seniman Nyoman Nuarta di atas lahan 1.270 hektare tersebut.

Selain patung yang akan diletakkan di GOR Saparua Bandung ini, ternyata telah banyak patung proklamator RI ini di berbagai daerah di Indonesia. Dilansir dari tempo.co, berikut ini adalah beberapa patung Soekarno di beberapa wilayah di Indonesia.

1. Akademi Militer Magelang
Patung Sukarno didirikan di Kesatrian Akademi Militer dan diresmikan oleh Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri, pada 7 Februari 2021. Patung ini sebagai penghormatan atas perjuangan proklamator Indonesia. Soekarno memiliki peran penting dalam mendirikan Akademi Militer Nasional (AMN), yang kini dikenal sebagai Akmil.

2. Kementerian Pertahanan
Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menjadi lokasi patung perunggu yang menggambarkan Soekarno menunggang kuda. Patung ini diresmikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada 6 Juni 2021. Patung mengabadikan momen saat Soekarno menjadi Panglima Tertinggi pada Hari Angkatan Perang 5 Oktober 1945 di Yogyakarta.

3. Palu, Sulawesi Tengah
Menurut laporan dari Antara, patung Soekarno juga didirikan di Taman GOR Palu, Sulawesi Tengah, dengan ukuran raksasa sebagai Monumen Mutiara Bangsa. Patung ini menampilkan Soekarno dalam posisi duduk di kursi, memiliki tinggi delapan meter ditambah dudukan setinggi dua meter lebih. Selain itu, ada rencana untuk mendirikan patung Soekarno di Bukit Algoritma oleh Budiman Sujatmiko.

4. Semarang
Monumen Soekarno di Kota Semarang, setinggi 6,5 meter, menghadap barat dan membawa naskah proklamasi. Patung ini diresmikan pada 6 Juni 2018. Monumen ini merupakan yang ketiga di Kota Semarang, dengan dua lainnya berada di Jalan Arteri Soekarno-Hatta dan Jalan S Parman Gajahmungkur.

5. Lemhannas
Presiden Kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri, meresmikan patung Bung Karno di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) pada 20 Mei 2021. Patung ini terinspirasi oleh Museum Blitar dan menggambarkan Soekarno sedang membaca buku.

Selain itu, ada juga patung-patung Bung Karno yang tersebar di daerah lainnya. Termasuk di Blitar yang dibangun 6 Juni 2017 di Simpang Herlingga, Jalan Sudanco Supriyadi, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Pembangunannya pun menghabiskan anggaran Rp. 1,9 miliar.

Lalu ada juga patung Bung Karno di Bandung Freedom Park, di area perkebunan teh Walini, Kabupaten Bandung Barat. Pembangunannya adalah untuk memperingati seratus tahun Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kemudian di Stadion Gelora Bung Karno (SGBK) Jakarta, di ujung jalan Adisucipto Solo, hingga di Gerbang Bandara Soekarno-Hatta.

Pos terkait