Semangat Gotong Royong Berkobar di Malam Tirakatan Peringatan HUT RI ke 78 tahun

IMG 20230817 WA0007

Bantul – Kegiatan menyambut peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023 di dukuh Jeblog, kelurahan Tirtonirmolo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta kali ini cukup menarik. Acara yang digelar tadi malam 16 Agustus 2023 pukul 20.00 ini dihadiri hampir sekitar 750 orang yang merupakan seluruh warga Dusun yang tinggal di 3 RT wilayah Dukuh Jeblog yakni RT 01, 02, dan 03 baik penduduk asli Jeblog maupun warga yang kontrak maupun kos tanpa terkecuali.

Menurut Pak Yuni, Ketua RT 02, acara kali lebih meriah karena keterlibatan seluruh warga dan perjuangan pemuda-pemudi Jeblog yang mempersiapkan acara secara gotong royong.

Bacaan Lainnya

Suasana meriah dan semangat gotong royong sudah nampak saat para ibu-ibu berbusana merah putih menyambut dan menyalami tamu yang datang, kemudian pemuda pemudi berpakaian batik membagi snack dan minuman lalu mengarahkan tamu duduk di tikar yang sudah dipersiapkan.

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh Koor Ibu-Ibu diikuti seluruh hadirin dengan khidmat. Koor ibu-ibu melanjutkan menyanyikan lagu perjuangan yang juga diikuti oleh warga yang hadir.

Dalam sambutannya, Bapak Joko Pramono, Kepala Dukuh Jeblog membacakan Surat Bupati Bantul dan memberi wejangan tentang penanganan sampah dan penataan lingkungan agar Dukuh Jeblog tertata dengan baik. Tak lupa menyampaikan perlunya semangat gotong royong senantiasa hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan drama teatrikal yang menceritakan perjuangan merobek warna biru dari bendera merah putih biru menjadi bendera Merah Putih. Drama teatrikal singkat yang diperankan anak-anak dan pemuda Jeblog ini, disutradarai oleh Rayhan dan bagian musik digarap oleh Faiz, pengurus pemuda pemudi Jeblog.

Drama teatrikal ini diakhiri dengan menyalakan api unggun yang sudah tertata dengan rapi sebagai simbol berkobarnya semangat gotong royong. Sungguh penampilan mereka mampu memukau perhatian warga dan membuat seluruh warga bertepuk tangan.

Acara diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin Ustadz Zanuri yang juga merupakan warga setempat. Ustadz Zainuri memanjatkan permohonan kepada Tuhan agar bangsa Indonesia senantiasa rukun dan menjunjung persatuan.

Agenda selanjutnya yakni pembagian hadiah-hadiah pemenang perlombaan yang sudah digelar dari awal Agustus. Kemudian ibu-ibu koor tampil kembali menyanyikan lagu yang sedang hit berjudul Rungkat milik penyanyi Happy Asmara, sambil sedikit berjoget dan lagi-lagi disambut tepuk tangan warga.

Dinda, seorang mahasiswi berasal dari Bandung yang sering berkegiatan bersama teman-temannya di RJA Creative House Jeblog mengatakan sangat terinspirasi dan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Alwi selaku ketua panitia dan seluruh panitia, pemuda pemudi Jeblog, pamong desa serta seluruh warga masyarakat dusun Jeblog.

“Selamat kepada seluruh warga Dusun Jeblog yang mengobarkan semangat Gotong Royong. Semoga kerukunan ini senantiasa berlanjut dan tetap kibarkan semangat di Momen HUT RI ke 78 ini.” tutupnya.

Pos terkait