Dr. Gabriel Lele: Mari Sebagai Mahasiswa Papua Semangat Membangun dalam Bingkai NKRI

Yogyakarta – Ketua Gugus Tugas Papua UGM, Dr. Gabriel Lele mengatakan, “Salah satu masalah pokok yang perlu diselesaikan di Tanah Papua adalah kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu persoalan utama yang perlu diselesaikan di Papua”.

Lebih lanjut dijelaskan Gabriel bahwa pemerintah sebenarnya sudah banyak melakukan transformasi pembangunan, selain pembangunan fisik juga ada keberpihakan secara politik.

Bacaan Lainnya

“Seperti merevisi Undang-Undang Otonomi Khusus Papua, yaitu menambah kursi keterwakilan di DPRD provinsi/kota/kabupaten tanpa melalui Pemilu. Namun itu semua, seakan tenggelam oleh adanya konflik-konflik bersenjata di Papua. Ini terjadi karena ada rasa saling tidak percaya antara masyarakat Papua dengan pemerintah pusat.” jelas Gabriel.

Untuk itu, Gabriel menegaskan agar para mahasiswa tidak mudah terprovokasi dengan segala Isu Papua.

“Tetap fokus pada pendidikan sehingga apabila mendapat gelar sarjana dapat membangun Papua untuk lebih maju.” himbaunya.

Ia juga mengajak masyarakat Papua utamakan kondusifitas, termasuk mendukung penerapan Daerah Otonomi Baru Papua (DOB Papua).

“Terkait dengan Otsus Papua dimana diterapkan dengan adanya pengesahan daerah otonom baru, diharapkan masyarakat Papua¬† mendukung kebijakan itu dan tetap menjaga kondusifitas keamanan,” tutupnya.

Pos terkait