Kolaborasi UNS dan PAPPRI, Bakal Hadirkan Festival Kebangsaan : Musik Menjangkau Jiwa

IMG 20230520 WA0032

Solo – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) akan adakan sebuah Festival Kebangsaan pada Minggu (21/5/2023). Acara ini terselenggara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2023 besok. Mengusung tema “Musik Menjangkau Jiwa”, Festival Kebangsaan akan berlangsung meriah dan bertabur artis dan musisi ibu kota.

Festival Kebangsaan menyuguhkan beberapa agenda yang patut dikunjungi oleh masyarakat. Pada pagi hari, kegiatan akan diawali dengan talkshow. Memasuki pertengahan hari, terdapat Pop Art Market dengan banyak stan menarik. Terakhir, Festival Kebangsaan ditutup dengan Konser Musik yang dimeriahkan banyak musisi ibu kota mulai pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB di Halaman Gedung Rektorat UNS.

Bacaan Lainnya

Talkshow dialog Kebangsaan akan berlangsung di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS mulai pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Dalam talkshow ini, akan ada dialog yang berisikan diskusi mengenai pentingnya jiwa nasionalisme untuk dimiliki oleh para generasi
muda sekarang ini, dan juga membahas mengenai
keterkaitan budaya dengan jiwa Nasionalis. Al Zastrow bertindak sebagai moderator dalam kesempatan ini. Dialog Kebangsaan menghadirkan berbagai narasumber ternama, antara lain Once Mekel, Sujiwo Tedjo, Dwiki Dharmawan, Raissa Anggiani, dan Alffy Rev.

Adapun agenda Pop Art Market yang berlangsung tengah hari mulai pukul 12.00 WIB. Panitia akan menyediakan 20 stan bazar yang akan digunakan para pelaku bisnis kreatif. Pop Art Market Sendiri akan berlangsung di Halaman Gedung Rektorat UNS.

Ketua Panitia Festival Kebangsaan, Dr. Deddy Whinata Kardiyanto mengatakan, Festival Kebangsaan adalah bagian dari gerakan untuk menjangkau, mengaktivasi dan merajut rasa bangga dalam jiwa masing-masing pemuda dan pemudi Indonesia melalui rangkaian acara yang bernuansa nasionalisme.

“Kegiatan ini menggelorakan dan menanamkan semangat kebangsaan juga nasionalisme serta kecintaan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” terang Dr. Deddy, Jumat (19/5/2023).

Sementara itu, Plt. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, M.Sc., Ph.D., menambahkan bahwa Festival Kebangsaan merupakan langkah besar UNS dalam menyongsong 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Acara yang dibalut dengan konsep ini sangat cocok bagi generasi muda sekarang. Penyampaian nilai-nilai penting pun akan lebih mudah diterima dan dipahami.

“Ini merupakan kegiatan yang luar biasa, mari kegiatan positif ini dimeriahkan. Selamat Hari Kebangkitan Nasional,” ujar Prof. Irwan.

Pos terkait