Fun Run 5K diikuti Pemeriksaan Gigi Gratis & Donor Darah yang Diikuti Ribuan Dokter Gigi, PDGI Pecahkan Rekor MURI!

IMG 20230514 WA0018

Jakarta – Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) terima rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai kegiatan Fun Run 5K dengan aksi pemeriksaan gigi gratis dan donor darah yang telah diikuti ribuan tenaga kesehatan dokter gigi seluruh Indonesia.

Kegiatan yang dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes, Drg. Ade Ariyanti Anaya. MKM, Ketua PB PDGI, drg. Usman Sumantri, M. Kes, dan Country Manager Envista, Nurul Intan Kartikasari itu digelar mulai dari start dan finish di Gedung Panin Bank Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (14/5/2023).

Bacaan Lainnya

Penghargaan itu diberikan langsung oleh perwakilan MURI Oesmar Semesta Susilo kepada Ketua PB PDGI drg. Usman Sumantri, M. Kes.

Ketua PB PDGI, drg. Usman Sumantri, M. Kes mengaku bersyukur kegiatan yang digelar telah memecahkan rekor MURI dengan diikuti 1.130 peserta yang terdaftar dan mendapatkan medali.

“Alhamdulillah, hari ini kita memecahkan rekor MURI. Kegiatan ini tidak terpisahkan dari ulang tahunnya kesehatan gigi, yang ke 73. Jadi ini bagian yang tidak terpisahkan. Nah ini memang kita ada sikat gigi massa, ada pemeriksaan gratis, ada pemeriksaan darah rutin,” tegas Usman.

Menurutnya, kegiatan yang dikemas adalah ke arah promotif preventif dan harapannya masyarakat Indonesia terbiasa untuk hidup sehat. Terutama dokter gigi yang bekerja tiap hari menghadapi para pasien.

“Dia (dokter gigi) harus terjaga terus ketahanan tubuhnya dengan gizi yang baik dengan kesehatan, olahraga dan seterusnya. Nah kami kerjasama dengan PB PDGI dengan pengurus wilayah DKI di support oleh Envista. Saya berharap envista ini bisa terus mendukung kegiatan kegiatan ini, karena envista merupakan satu konsorsium yang baik untuk bisa bersama-sama, menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat buat masyarakat,” bebernya.

Selain itu, ia juga berharap agar kegiatan bisa berjalan rutin, yang tidak hanya disupport oleh evista, namun juga media pendukung lainnya.

“Mudah-mudahan kegiatan masyarakat pemeriksaan gigi ke sekolah-sekolah dan sebagainya nanti akan dapat dukungan dari teman-teman sekalian. Karena memang organisasi ini bukan mencari benefit, tapi cari kegiatan yang bermanfaat langsung ke masyarakat,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes, Ade Aryanti Anaya memgapresiasi tim support Envista yang sudah menginiasi kegiatan hari ini yang merupakan bagian dari mendukung program Pemerintah khususnya Kementrian Kesehatan untuk terus menjaga kesehatan sebagai bagian dari upaya preventif dan apalagi dokter gigi semua.

“Insyallah semua dokter gigi disini bisa memberikan contoh buat masyarakat bahwa hidup sehat ini adalah penting tetap semangat, mudah-mudahan lancar dalam proses perjalanannya,” kata Ade.

Ditempat yang sama, Country Manager Envista, Nurul Intan Kartikasari mengatakan bahwa hari ini ada acara Fun Run 5k senyum bersama Indonesia yang memiliki misi membuat Indonesia tersenyum, dan tagline “Senyum bersama Indonesia”.

“Kegiatan Fullnya ada Run, ada senam bersama, market edukasi. Sebenarnya yang paling penting adalah market edukasi karena kita ingin mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya oral health agar sebagai tindakan preventif. jadi jangan selalu kita kuratif tapi lebih baik preventif seperti itu,” jelasnya.

Dia juga mengaku sangat puas dan menyampaikan terima kasih pada PDGI dan Kementrian Kesehatan yang selalu mendukung acaranya. Kedepannya pihaknya siap selalu untuk support program pemerintah bebas karies dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut sebagai tindakan preventif daripada kuratif.

Sementara itu, salah satu peserta yang merupakan Dokter Gigi wilayah Jakarta Utara Grace Niti Widodo mengaku yang bukan pelari profesional tidak memiliki banyak persiapan. Namun, ia lebih memilih jalan cepat.

“Saya ikutnya yang ringan aja cuma jalan, jadi persiapannya biasa sih ya yang penting udah makan pagi dan lain-lain gitu. Seru, itung itung reuni terus dapet sinar matahari sama olahraga juga jadi have fun, tapi juga ketemu temen,” sambungnya.

Dirinya juga mengaku sangat puas dengan kegiatan Fun Run tersebut, dengan di service penuh tim panitia yang all out mensukseskan acara.

“Keseluruhan puas banget, panitianya very well prepare sampai ke denahnya ada, keterangannya semua ada, jadi petunjuknya jelas lah gitu. Mantap,” pungkasnya.

Pos terkait