Bangga Indonesia Tuan Rumah ASEAN Summit 2023, Senator AWK : Dunia Internasional Tertuju pada Labuan Bajo

IMG 20230505 WA0046

NTT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai lokasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang. Hal ini mendapat dukungan dan apresiasi dari Senator asal NTT.

Anggota DPD RI asal NTT, Angelius Wake Kako (AWK) mengatakan bahwa sebagai kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas, Labuan Bajo akan menjadi pusat perhatian para Kepala Negara se-Asia Tenggara, termasuk dunia Internasional.

Bacaan Lainnya

“Sekarang ini, mata dunia internasional tertuju ke Labuan Bajo sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas, selain Bali. Event KTT ASEAN di Labuan Bajo menjadi penting guna mempromosikan wisata NTT pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, kepada dunia Internasional,” apresiasi senator muda asal NTT yang akrab disapa Angelo itu, dalam keterangan resmi kepada media ini, Jumat (5/5/2023).

Menurut Senator AWK, Pemerintah Pusat melalui Presiden Jokowi terus memberi atensi dan dukungan terhadap investasi dan pengembangan sektor ekonomi, di antaranya melalui sektor pariwisata sebagai pintu masuk dengan skala prioritas jangka panjang.

“Sektor pariwisata merupakan prospek investasi jangka panjang yang tentu akan berdampak pada berbagai sektor (multiplier effect) sehingga dapat mendongkrak berbagai potensi ekonomi di daerah,” ungkap Senator AWK.

“Saya sangat yakin, event KTT ASEAN 2023 akan menjadi pintu masuk bagi event-event besar lainnya ke depan, sehingga moment ini harus didukung penuh agar Indonesia, khususnya NTT tetap menjadi pusat perhatian dunia internasional,” tandas Bakal Calon Anggota DPD RI Periode 2024-2029 Dapil NTT itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa selama mengemban Keketuaan ASEAN 2023, Indonesia akan memimpin negara-negara ASEAN berkontribusi dan memberi solusi positif bagi dunia di tengah situasi global yang menantang, terutama di sektor ekonomi.

‚ÄúTahun ini, Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah-tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, perang, semuanya sedang terjadi,” kata Jokowi dilansir siaran pers Sekretariat Presiden, belum lama ini.

Presiden Jokowi ingin semua tempat yang ada di Labuan Bajo dapat dipromosikan secara langsung dan detail kepada para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang hadir dalam KTT nanti.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap agar selama KTT berlangsung para pelaku UMKM dapat menghadirkan souvenir dengan kualitas yang baik dan berciri khas daerah tersebut, sehingga para tamu dari negara-negara ASEAN dapat tertarik untuk membeli produk UMKM tersebut. Presiden Jokowi yakin bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, kawasan, dan dunia.

Sebagaimana diketahui, Indonesia resmi memegang keketuaan ASEAN sejak Januari 2023 lalu. Mengusung tema ASEAN Matters Epicentrum of Growth, rangkaian acara KTT ASEAN ke-42 akan diselenggarakan di Labuan Bajo sejak 8 hingga 11 Mei 2023. Selanjutnya, KTT ASEAN Plus ke-43 yang akan digelar di Jakarta pada September mendatang.

Selain Indonesia, negara-negara anggota ASEAN adalah Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Laos, dan Timor Leste.

Pos terkait