Agenda Parenting Ramadhan SD Muhammadiyah 5 Jaksel, Ustadz Maulana Sampaikan Pesan untuk Para Orang Tua dalam Mendidik Anak

IMG 20230330 WA0020

JAKARTA – SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan kembali menggelar kegiatan parenting Ramadhan di Masjid At-Taqwa, Jl. Limau Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2023).

Parenting Ramadhan bertemakan “Menjaga Fitrah Anak agar Tetap Baik” itu dihadiri Da’i Kondang Trans TV Ustadz Maulana, dan antusias diikuti para peserta dari Guru SD Muma & orang tua.

Bacaan Lainnya

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 5 Ali Yusuf Syakir menjelaskan tujuan utama dari agenda tersebut adalah memberikan edukasi atau pembelajaran kepada semua pihak khususnya orang tua di sekolah yaitu pendidik (guru) kemudian juga orang tua biologis yang ada di rumah untuk mendidik generasi Islami yang sholeh dan sholehah.

“Bagaimana anak-anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Nah dengan adanya acara parenting ini mudah-mudahan frekuensi mendidiknya menjadi sama,” ungkap Ali.

Dia berharap ada dampak positif dari acara kali ini yakni kebersamaan orang tua, guru bagaimana mendidik anak-anak di rumah dan juga di sekolah.

“Ada kira-kira sinergisitas lah, harapannya anak-anak menjadi lebih baik dalam belajar anak-anak juga lebih semangat dalam menjalani aktivitasnya di rumah,” sebutnya lagi.

Lebih lanjut, Ali Yusuf Syakir berpesan agar para orang tua bisa saling bersinergi dengan sekolah dan guru karena peserta didik akan bisa meraih kesuksesan dan target maksimal adalah pola pendidikannya.

“Kalau ada kerjasama yang maksimal antara orang tua di sekolah guru dan juga orang tua yang di rumah,” sambungnya.

Ditempat yang sama, Ketua Komite SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan IPDA Imam Basori mengungkapkan jika berbicara menjaga fitrah, maka harus juga bisa berkaca pada diri diri sendiri terlebih dulu, yakni sebagai orang tua.

“Kita harus banyak berkaca, kenapa ? Karena kita harus jadi teladan percontohan anak kita,” ucapnya.

Dia pun mengutip pepatah yang sering di dengar yakni “Buah jatuh tak jauh dari pohonnyaā€¯ jadi disini adanya kemiripan sikap, perilaku, dan pola pikir antara orang tua dengan anak-anak.

Oleh karenanya, lanjut IPDA Imam, para orang tua baik di rumah maupun di sekolahan juga harus bisa memberikan contoh & didikan yang baik agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah, salah satunya menanamkan sejak dini pada anak.

“Dengan mengikuti kegiatan Parenting ini, merupakan salah satu bentuk usaha kita sebagai orang tua untuk dapat mendidik anak-anak sesuai aturan agama,” katanya.

“Semoga tausiyah Ustadz Maulana nanti bisa memberikan manfaat kepada kita semua dan semoga Allah mengaruniakan pada kita anak-anak yang menjadi penyejuk mata yang berakhlaqul karimah,” tuturnya.

Tak lupa IPDA Imam juga menyampaikan pantun :

Potong kain dengan gunting
Gunting kain untuk celana

Hari ini dapat ilmu parenting
Dari Ustadz paling keren, yaitu Ustadz Maulana

Selanjutnya, Ustadz Maulana menyampaikan pesan-pesan penting kepada orang tua di acara Parenting Ramadhan.

“Bagaimana kita menjadikan anak kita sholeh, jadi didiklah anak sesuai fitrahnya supaya dia jadi baik,” sarannya.

Ustadz Maulana mengingatkan kepada para orang tua dalam mendidik anak agar menjadikan anak yang berguna, memastikan tidak ada anak nakal dan tidak ada anak bodoh.

“Tugas para orang tua pada anak yakni menafkahi kebutuhan anak, melindungi dari bahaya dan mendidik anak,” katanya.

Pesan lainnya, lanjut Ustadz Maulana, anak dibentuk oleh seorang ayah, kemudian ibu sang pemberi kasih sayang, buku bacaan, dan lingkungan yang mewarnai.

“Kita juga harus bersama anak ketika anak sakit, ketika sedih, liburan, saat berprestasi baik itu wisuda dan momen tahunan seperti ulang tahun,” pungkasnya.

Pos terkait