Beredar Foto Pilot Susi Air Dinarasikan Gabung KKB Papua, Jelas-jelas Hoaks!

foto wna diduga gabung kkb beredar di media sosial 169

Jakarta – Beredar foto seorang warga negara asing (WNA) yang dikaitkan dengan sosok pilot Pesawat Susi Air, Kapten Philips M. Foto tersebut beredar luas di media sosial, dengan narasi bahwa yang bersangkutan disebut turut bergabung dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Foto itu memperlihatkan seorang pria berkulit putih dengan topi, jaket hitam dan celana pendek turut memegang Bendera Bintang Kejora. Sembari, didampingi beberapa orang tanpa baju dan memegang senjata.

Bacaan Lainnya

Menanggapi foto tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menegaskan foto tersebut adalah hoaks. Karena Philips yang merupakan warga Selandia Baru itu masih dalam pencarian petugas sejak diduga disandera pada Selasa (7/2/2023).

“Personel Pilot Susi Air masih diduga bersama kelompok KST dan terus dilakukan pencarian sesuai kondisi lapangan,” tegas Saleh saat dikonfirmasi, Sabtu (11/2/2023).

Setelah ditelusuri pihak TNI, ternyata seorang WNA yang ditampilkan tersebut merupakan berita 1 tahun silam yakni Kamis (24/2/2022) yang telah tersebar di media sosial.

Saleh pun menyayangkan akan adanya foto hoaks tersebut. Terlebih saat ini aparat keamanan sedang fokus dalam pencarian Pilot Susi Air untuk diselamatkan dan dievakuasi.

Pos terkait