Gagal Temui Petinggi MWA UNS Saat Demo, Mahasiswa FKOR Segel Kantor Usai Orasi

IMG 20230202 WA0013

SOLO – Ratusan mahasiswa Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang menggelar aksi rupanya gagal bertemu dengan Wakil Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNS, Prof Hasan Fauzi. Mereka kemudian menyegel kantor MWA UNS di lingkungan rektorat kampus UNS, Kamis (2/2/2023).

Diketahui, aksi ratusan mahasiswa FKOR UNS dipicu somasi yang dilayangkan MWA UNS kepada Dekan FKOR, Dr Sapta Kunta. Usai orasi di depan rektorat, para mahasiswa ditemui Rektor UNS Solo Prof Jamal Wiwoho.

Bacaan Lainnya

“Ini akan saya bawa dan sampaikan kepada pihak-pihak yang terkait,” kata Jamal Wiwoho.

Rektor meminta waktu untuk berkoordinasi secara formal kepada MWA UNS agar bisa memfasilitasi terkait tuntutan para mahasiswa. Rektor menyatakan bahwa saat ini ruangan MWA UNS tengah kosong. Dirinya mempersilakan perwakilan mahasiswa untuk mengecek ruangan MWA UNS.

Rektor juga meminta agar para mahasiswa tetap menjaga suasana UNS yang kondusif.

Setelah mendengarkan jawaban Rektor UNS, para mahasiswa memberi waktu 2 x 24 jam untuk menyelesaikan. Para mahasiswa akan menggelar demo lanjutan jika tidak mendapat respons MWA UNS. Sebelum mahasiswa membubarkan diri, mereka menyegel kantor MWA UNS.

Sebelumnya diketahui mahasiswa FKOR UNS menggelar demo sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka membentangkan sejumlah poster yang isinya memprotes somasi yang dilayangkan MWA UNS kepada Dekan FKOR UNS.

“Aksi ini latar belakangnya adalah somasi yang dilayangkan Wakil Ketua MWA UNS kepada dekan kami, dimana duduk persoalannya tidak jelas,” kata salah satu peserta aksi, Rohadi Setyo Wibowo.

Sedangkan Dekan FKOR UNS sebenarnya ingin mengajak bersama untuk memikirkan dan prihatin atas beberapa berita buruk terhadap UNS. Namun yang muncul justru adalah surat somasi dari pengacara MWA UNS. Sementara, apa yang disampaikan Dekan FKOR UNS hanya sebatas diskusi grup terbatas dan tidak menyebar kemana-mana.

“Namun yang terjadi adalah ada dua somasi yang telah dilayangkan kepada kami,” ucapnya.

Somasi yang dilayangkan MWA UNS mengganggu dan mengusik ketenangan para mahasiswa FKOR yang semestinya melakukan persiapan menghadapi kejuaraan.

Dalam aksi yang dilakukan, para mahasiswa menuntut agar MWA UNS mencabut somasi yang dilayangkan dan meminta berdialog. Wakil Ketua MWA UNS juga diminta memberikan klarifikasi atas somasi yang dilayangkan, dan meminta maaf.

Sebagai informasi, selain melayangkan somasi kepada Dekan FKOR, MWA UNS juga melayangkan somasi kepada Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof Reviono. Somasi dilayangkan diduga terkait polemik hasil pemilihan Rektor UNS belum lama ini.

Pos terkait