Tuding Mobile Banking Lemah, Mr Bert Sebar Hoax Biar Viral?

Jakarta– Media sosial semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan menyebarkan konten-konten positif.

Namun tak dapat dipungkiri beberapa pihak memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya atau hoax dan berita palsu (fake news).

Berbagai alasan muncul mulai dari ingin viral, menambah follower maupun subscriber, tanpa memikirkan akan timbul kepanikan di tengah masyarakat.

Yang sedang viral adalah konten salah satu youtuber dengan nama kanal Mr Bert. Memiliki lebih dari 81 ribu subscriber Mr bert melalui videonya mengedukasi masyarakat tentang aplikasi penipuan di media social.

 

Mr Bert mengulas tuntas aplikasi penipuan yang mampu membuka dan mengambil uang nasabah dari mobile banking sejumlah bank secara otomatis dari perangkat ponsel android.

Bahkan disini Mr Bert juga menyebutkan 2 nama bank nasional, yang mobile bankingnya dapat dengan mudah diambil alih pengoperasiannya oleh aplikasi tersebut.

“dan pihak bank liat tuh bank mu dijebol hanya dalam waktu beberapa menit saja, 3 menit 4 menit aja cukup segitu cepatnya” penjelasan Mr Bert dalam videonya.

Konten edukasi ini juga mendapat komentar beragam. Ucapan terima kasih juga mengalir dari para penonton karena mendapat pengetahuan baru.

Namun tidak sedikti yang meragukan kebenaran isi dari konten video ini. Penonton menilai konten creator ini hanya mencari sensasi dan ingin viral dari penyebutan nama bank yang disamarkan.

Bahkan ada yang menyebut ada kejanggalan saat video mobile banking berjalan sendiri di ponsel androidnya.

“Ya ngapain juga instal aplikasi di luar playstore, jujur sy tdk mengerti arti dari buat video ini, cuma bikik sensasi pake nama bank jadi viral gitu, harusnya bikin bank besar penipu dan memotong tdk sesuai atau pencurian bank itu baru bermanfaat” komentar akun @joyforlife6089.

Sedikit emosi Mr Bert membalas komentar ini. “???? lah punya simpati dan empathi ketika kamu jadi manusia. Simple banget tujuan nya. Gw bahkan tunjukkan proses install nya yang cukup Sederhana.
Supaya lu tahu.

Kalo orang tua mu. Paman mu. Tante mu.
Yang ga smua melek teknologi bisa tahu. JANGAN ASAL KLIK ATAU INSTALL SEMBARANGAN.

Karena ada 50 juta orang tua di Indonesia. Cukup 1 persen aja yg kena. Udah 500 ribu orang.

Coba minum susu dulu supaya bisa mikir dan jangan negatif terus. Video ini sifatnya edukasi bukan cari sensasi.

Dan tujuan lainnya. Supaya lu mudah share video ini ke keluarga lu supaya ga perlu capek jelasin betapa bahaya nya.
Ngerti?”

Kejanggalan konten ini tentu menjadi tanda tanya. Apakah ini hoax atau fake news.

Tapi apapun itu pro dan kontra bisa saja terjadi. Namun tentunya konten yang belum tentu kebenarannya tidak dapat dibenarkan. Apalagi dengan maksud untuk mendapat cuan. Ada aturan dan undang-undang yang dapat menjerat pelakunya.

Kebenaran konten ini telah kami konfirmasi langsung kepada Mr Bert melalui DM Ig dan pesan whatsapps. Namun belum ditanggapi yang bersangkutan.

Pos terkait