KPU Buka Suara, Informasi Partai Ummat Tak Lolos Belum Bisa Dibilang sebagai Kebenaran

IMG 20221213 WA0018

Informasi hasil verifikasi faktual partai politik (parpol) calon peserta Pemilu Serentak 2024, khususnya kabar yang menyebut Partai Ummat tidak lolos membuat heboh jagat politik. Terkait hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pun angkat bicara.

Idham Holik, Anggota KPU RI yang mengepalai Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu menjelaskan bahwa informasi mengenai Partai Ummat tak lolos tahapan verfak belum bisa dibilang sebagai kebenaran. Pasalnya, KPU RI masih sedang akan melaksanakan tahapan akhir dari verfak.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini KPU RI belum melakukan rekapitulasi nasional atas hasil verfak calon peserta pemilu,” ujar Idham saat dihubungi wartawan, Selasa (13/12).

Dari situ, mantan anggota KPU Provinsi Jawa Barat ini memastikan informasi mengenai Partai Ummat tak lolos tahapan verfak masih harus menunggu pengumuman dan penetapan parpolpeserta Pemilu Serentak 2024 yang akan berlangsung Rabu besok (14/12).

“Itu terkait dengan informasi yang beredar, dikarenakan KPU provinsi/KIP Aceh se-Indonesia telah melakukan rapat rekapitulasi hasil verfak perbaikan. Dan itu bersifat publik dan terbuka, jadi informasinya dapat diakses,” pungkas Idham.

Pos terkait