Unikarta Ingin Mahasiswanya Kembangkan Diri Bantu Pastikan Ketahanan Pangan di Kukar

Sundari.

Kaltim, Redaksikota.com – Dekan Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara (Faperta Unikarta), Sundari menyampaikan dukungan atas progres pemerintah pusat yang akan membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kita sadari pada saat ini, pembangunan IKN sedang berlangsung, tentunya akan menambah populasi yang ada di Kalimantan Timur terutama di Kartanegara,” kata Sundari kepada wartawan, Minggu (11/9).

Sebagai bentuk dukungan dan sambutan baik atas program pemerintah itu, Sundari mengatakan bahwa pihaknya sedang memproyeksikan praktek Bina Bakti Mahasiswa (BBM) yang saat ini difokuskan di Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu , Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan adanya program BBM tersebut, Sundari berharap para Mahasiswa bisa langsung terjun ke lapangan untuk pengembangan sektor pertanian bersama warga.

“Sehingga Mahasiswa perlu terjun dan melihat langsung permasalahan di lapangan, khususnya di bidang pertanian, dan mendorong masyarakat yang mayoritas petani atau pekebun, untuk tangguh menjaga ketahanan pangan,” ujarnya.

Selain itu, Sundari juga menyampaikan bahwa Kabupaten Kutai Kartanegara adalah kawasan penyangga Ibu Kota Negara Nusantara yang akan digarap oleh pemerintah nanti.

Maka, ia mendorong agar masyarakat memaksimalkan lahan untuk menopang kebutuhan pangan sebagai komoditas utama.

“Kukar merupakan penyangga IKN, sehingga sangat penting, bagaimana kesiapan masyarakat dalam meningkatkan ketersediaan pangan yang ada di wilayah IKN,” tandasnya.

Selain itu, dengan adanya program BBM ini diharapkan pula para Mahasiswa ke depan bisa ikut terlibat langsung dalam pengembangan ketahanan pangan di Kabupaten Kutai Kartanegara demi memenuhi kebutuhan IKN.

“Tentunya, nanti harapan kita dengan mahasiswa Fakultas Pertanian bisa mendukung program ketahanan pangan, sehingga perlu inovasi baru untuk pembangunan sektor pertanian,” ucapnya.