Deklarasi Forum Komunikasi Masyarakat Papua di Jatim, Dukung DOB Papua & Otsus Jilid II

Jatim – Forum Komunikasi Masyarakat Papua di Jawa Timur menggelar kegiatan deklarasi mendukung pengesahan UU Otsus Jilid II dan RUU Pemekaran Wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.

Kegiatan deklarasi tersebut digelar di Titik Nol Jawa Timur Jalan Pahlawan Surabaya, Jatim, Senin (4/7/2022).

“Kegiatan deklarasi ini sebagai bentuk pernyataan sikap dukungan penuh pada Pemerintahan Pusat maupun DPR RI terkait pengesahan UU Otsus Jilid II dan Pemekaran pembentukan Provinsi baru di Papua,” tegas Koordinator Aksi yang juga merupakan Ketua Korwil Surabaya Marthen Carel Korwa.

Menurutnya, deklarasi ini juga merupakan bentuk dukungan, perhatian dan inisiatif Warga Papua di Kota Surabaya yang menginginkan pemerataan pembangunan demi kemajuan dalam segala aspek di Tanah Papua.

“Demi kemajuan tanah Papua kita akan dukung terus kebijakan Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf,” ucapnya.

Disisi lain, dia juga menjelaskan latar belakang organisasi Ikatan Alumni (IKAL) Jawa Timur. Kata dia, IKAL Jatim merupakan Forum Komunikasi Masyarakat Papua di Surabaya yang anggotanya berjiwa nasionalisme dan memiliki semangat merah putih yang siap mendukung segala kebijakan pemerintah.

“Pembentukan IKAL Jatim ini atas usulan para alumni mahasiswa Papua dari perguruan tinggi di Jawa Timur terutama Surabaya, Malang dan Jember yang kini telah kembali dan mengabdi untuk membangun tanah Papua,” sebutnya.

Salah satu tujuan dibentuknya Ikatan Alumni (IKAL) Jawa Timur adalah sebagai wadah bagi alumni di Papua dan Jawa Timur untuk membantu, memfasilitasi dan mengontrol mahasiswa Papua yang sedang menempuh pendidikan di Jawa Timur sehingga diharapkan setelah selesai menuntut ilmu bisa kembali ke tanah Papua untuk mengabdikan diri membantu percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di tanah Papua.

“Harapannya dengan dibentuknya IKAL Jatim ini, mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan/kuliah di Prov. Jatim, kembali ke tanah Papua untuk membangun tanah Papua dengan menjadi ASN. Apalagi dengan adanya pemekaran 3 Provinsi di Papua, diharapkan dapat memenuhi kuata 80 % orang asli Papua,” sebutnya.

Ia menambahkan sebagai salah satu bentuk kegiatan dukungan terhadap program pemerintah yang pernah dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Papua melaui IKAL Jatim yaitu pada tanggal 12 Agustus 2021 IKAL Jatim bekerjasama dengan Pemprov dan Polda Jawa Timur melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 dan penyaluran bantuan dari pemerintah Provinsi Jawa TImur kepada komunitas masyarakat Papua di Surabaya.