LSM RAMKODI Beri 5 Pernyataan Sikap, Dukung KPK Jalankan Upaya Hukum kepada Bupati Kab. Mamberamo Tengah

Papua – Lembaga Swadaya Masyarakat Rakyat Menolak Korupsi dan Diskriminasi (LSM RAMKODI) bersama masyarakat Mamberamo Tengah 5 Distrik 59 kampung, menyatakan siap perihal upaya hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak.

Pertama, masyarakat Mamteng mendukung penuh proses penyelidikan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, S.H., M.Si. terkait dugaan kasus gratifikasi dan suap proyek yang terjadi di lingkungan Kabupaten Mamberamo Tengah.

“Kami meminta KPK serta penegak hukum lainnya secepatnya turun ke Mamteng dan memproses serta mengadili RHP bersama kroni-kroninya,” tegas mereka.

Berikutnya, atas nama seluruh rakyat asli Mamberamo Tengah, 5 Distrik 59 kampung, pihaknya mendukung kinerja KPK dalam penegakkan hukum terhadap Ricky Ham Pagawak.

“Segera tindak tegas terhadap oknum-oknum yang menghalang-halangi penyelidikan di Mamberamo Tengah baik pejabat maupun masyarakat pro koruptor sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” sebutnya lagi.

Terakhir, mereka mau mengklarifikasi bahwa aksi demo yang terjadi di Kabupaten Mamberamo Tengah hari Senin kemarin bahwa itu adalah masyarakat di luar dari Kabupaten Mamberamo Tengah antara lain Lany Jaya, Tolikara dan juga Kabupaten Jayawijaya.

“Kami rakyat Mamberamo Tengah memilih diam karena dengan bentuk kediaman kami itu kami menyatakan sikap bahwa kami mendukung KPK untuk turun ke Mamberamo Tengah lalu melakukan penyelidikan sebagaimana mestinya,” pungkasnya.