Bicara IKN Nusantara, LPADKT-KU Balikpapan Dukung Penuh dan Siap Kawal Pembangunan

Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) di Kota Balikpapan menyatakan sikap mendukung pembangunan IKN di Kaltim.

Hal itu disampaikan Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan-Timur Kalimantan Utara (LPADKT-KU) Balikpapan Nasion Lasung, ST melalui siaran pers, (16/5/2022).

Dijelaskan, bahwa LPADKT-KU Balikpapan memberikan dukungan penuh dan siap mengawal proses pembangunan IKN Nusantara di Kaltim. Nasion yang biasa dipanggil “Ketua” mengajak seluruh elemen masyarakat dan ormas kesukuan dan adat di Kaltim agar bekerjasama dengan masyarakat dan pemerintah sehingga proses pembangunan IKN berjalan sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan.

“Keberadaan lokasi IKN Nusantara di Kaltim menjadi kebanggaan Indonesia Terkhusus warga Kalimantan”

Adapun beberapa persoalan yang mungkin terjadi seperti permasalahan lahan dan keterlibatan masyarakat lokal diharapkan Pemerintah Pusat merespon dengan baik dan segera mencarikan solusi yang terbaik.

Sebelumnya dalam diskusi bersama yang digelar LPADKT-KU Balikpapan dan sejumlah ormas lainnya di salah satu kafe di Balikpapan, Rabu (15/5/2022) malam.

Dalam diskusi beberapa topik dibahas. Di antaranya mengenai arah dan tujuan menyambut IKN kemudian membahas dampak yang bisa saja terjadi dalam proses pembangunan IKN di Kaltim.

Dalam kesempatan itu, Kepala DPD Perpedayak Balikpapan Herriansyah menanyakan terkait problem IKN. “Problem IKN untuk siapa? Dan apa yang didapat oleh masyarakat di IKN dan sekitar wilayah IKN?,” ujarnya.

Kata dia, pada prinsipnya ormas di Kaltim mendukung langkah pemerintah dalam proses pembangunan IKN Nusantara. Elemen masyarakat di Kaltim lanjut dia menerangkan, mengharapkan pemerintah melalui Badan Otorita IKN dapat mengakomodir Badan Otorita berkantor di Kota Balikpapan, Badan Otorita membuat MoU dengan ormas, OKP, dan lembaga lainnya demi kelancaran dan kepastian pembangunan IKN Nusantara.

“Selain itu sosialisasi dan transparansi anggaran dan progres pembangunan IKN, kepastian masa depan Kota Balikpapan sebagai penyangga IKN Nusantara dengan berbagai problematikanya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Taufiq Ketua Ormas Regen Tatau juga menyatakan dukungan terhadap langkah pemerintah dalam proses pembangunan IKN di Penajam Paser Utara (PPU). “Dengan mengajukan permintaan nantinya putra daerah Kaltim diakomodir sebagai bagian dari perwakilan Badan Otorita selaku otoritas pembangunan IKN,” tutupnya.