DPP GPM Nus dan Aliansi Mahasiswa Jakarta Tanam Mangrove di Kepulauan Seribu, Bantu Pulihkan Ekosistem

Jakarta – Dewan Pengurus Pusat Gabungan Pemuda Mahasiswa Nusantara (GPM Nus) bersama Aliansi Mahasiswa Jakarta melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk penanaman mangrove dengan masyarakat di Pulai Pari, Kep. Seribu, DKI Jakarta, Senin (1/5).

Perlindungan dan pemulihan ekosistem mangrove merupakan langkah penting bagi Indonesia dalam memitigasi perubahan iklim. Keberadaan ekosistem mangrove yang baik di kawasan pesisir juga dapat meningkatkan ketahanan masyarakat di pesisir terhadap perubahan iklim.

“Penanaman mangrove dilakukan untuk memulihkan, melestarikan kawasan hutan mangrove. Selain itu, rehabilitasi mangrove juga untuk mengantisipasi dan memitigasi dampak perubahan iklim,” kata Akbar saat memberikan keterangan pers.

Lebih lanjut, Ketum GPM Nus menjelaskan penanaman mangrove ini diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di pantai. Hal tersebut juga diharapkan dapat berdampak pada peningkatan produksi ikan, dan hasil laut lainnya, terutama di sini kepiting. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai.

Selanjutnya, Ketum Akbar menegaskan akan terus melakukan penanaman mangrove melalui gerakan kesadaran mahasiswa beserta masyarakat. Untuk mempercepat pencapaian target pemerintah.

Selain itu, kamipun berharap adanya oerhatian khusus yang diberikan pemerintah kepada setiap elemen bangsa agar diberinya kesempatan melakukan penanaman mangrove, agar bisa menjaga ekosistem serta memberikan tambahan penghasilan untuk masyarakat.

Disisi lain, GPM Nus juga mengapresiasi Pemerintah sebab Indonesia memiliki mangrove terluas di dunia yaitu mencapai 3,36 juta hektar atau sekitar 20% mangrove dunia dengan keanakeragaman tertinggi di dunia.

Kegiatan aksi penanaman 1000 mangrove melibatkan masyarakat lokal di Pulau Pari, Kep. Seribu ini semoga dapat berlanjut secara terus menerus agar mampu membangun kesadaran kepada setiap elemen bangsa betapa pentingnya mencintai dan menjaga negeri ini.