Maknai Hari Bumi, Siswa Kebon Dalem Semarang Gelar Giat Peduli Lingkungan

Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh Gaylord Nelson sejak tahun 1969. Saat itu, dia memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas dan mencapai puncaknya pada tanggal 22 April 1970. Saat itu sejarah mencatat jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para “perusak bumi”.

Sejak itu, pada tanggal 22 April setiap tahunnya Hari Bumi (Earth Day) diperingati. Sejarah mencatat, Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Gerakan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Hari Bumi telah menjadi gerakan global yang mendunia hingga kini.

Saat ini siswa SMA Kebon Dalem ambil bagian dalam sikap kepedulian terhadap lingkungan sekolah dengan mengadakan gerakan jalan susur jalan ambil sampah di lingkungan sekitar SMA Kebon Dalem daerah Plampitan, Kranggan, Wot Gandul Barat Semarang dan sepanjang sungai kali kuping.