Kepala Suku Dusun Putak Minta Pemerintah Bantu Tingkatkan SDM Lokal Demi Bantu Bangun IKN Nusantara

Redaksikota.com – Kepala Adat Dayak Dusun Wisata Putak, Yulius Lamus berharap besar, dengan adanya pembangunan IKN nanti dapat membuat masyarakat lokal ikut terlibat di dalamnya.

Sekaligus ia juga berharap pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara bersama pemerintah pusat ikut membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal agar bisa berpartisipasi aktif dan bersaing di dalam kemajuan.

“Harapan kami kepada pemerintah pusat, untuk ikut membantu pengembangan SDM masyarakat adat dayak, karena dengan adanya pembangunan IKN, pola masyarakat harus ikut maju tanpa harus meninggalkan adat budaya nenek moyangnya,” kata Yulius kepada wartawan, (5/4).

Dan secara umum, ia menyatakan bahwa masyarakat Adat khususnya warga Borneo mendukung pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh Pemerintah Pusat ke Kalimantan Timur itu.

Menurutnya, kepindahan IKN ke wilayah Borneo atau Kalimantan tersebut merupakan semangat pemerintah yang perlu didukung. Apalagi kebijakan tersebut merupakan hasil persetujuan antara pemerintah bersama DPR RI sebagai lembaga legislatif.

“Seluruh masyarakat adat dayak di Kaltim dan Borneo atau Kalimantan sangat setuju dan mendukung kepindahan IKN di Kaltim,” ujarnya.

Alasan yang sangat mendasar adalah nilai manfaat yang sangat besar terhadap adanya pembangunan pusat pemerintahan dan wilayahnya itu. Pelbagai potensi lokal hingga bertumbuhan ekonomi diyakini akan langsung bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar.

“Dampak positifnya adanya kepindahan pembangunan IKN, tentu yang kelihatan jelas, infrastruktur sarana jalan dan fasilitas pendidikan, sosial, ekonomi, pertanian akan berkembang lebih maju, termasuk juga bertumbuhnya destinasi wisata budaya dan alam di berbagai lokasi di Kaltim, dibandingkan waktu-waktu sebelumnya,” jelasnya.