Pemkab Kukar Pastikan Siap Dukung Pembangunan IKN di Kaltim

sunggono
Sekda Kabupaten Kukar, Sunggono.

Redaksikota.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono mengatakan, bahwa pemkab sangat menyambut hangat pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Kukar, menyambut baik dengan gembira dan mendukung penuh ditetapkannya wilayah Kukar sebagai kawasan deliniasi IKN,” kata Sunggono dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (30/3).

Ia memandang bahwa pembangunan IKN di Kaltim akan berdampak pada pengembangan di wilayah tersebut, termasuk di dalamnya adalah Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Keberadaan pembangunan IKN akan menjadi daya ungkit kesempatan memperoleh pemerataan pembangunan bagi masyarakat Kukar,” ujarnya.

Pun demikian, Sunggono berharap ada upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih masif khususnya untuk generasi Kabupaten Kukar.

“SDM Kabupaten Kukar juga harus disiapkan dan menyiapkan diri, sehingga bisa berperan serta dalam pembangunan IKN,” tuturnya.

Kemudian, Sunggono juga berharap Badan Otorita IKN ikut membantu Pemkab Kukar untuk pengembangan SDM lokal.

“Tentu keberadaan Badan Otorita IKN, sangat diharapkan bisa membantu Pemda Kukar untuk menyiapkan sumber daya masyarakat yang berkualitas, sehingga bisa memiliki kompetensi untuk membangun IKN,” tandas Sunggono.

“Kukar juga ingin berkontribusi nyata dalam pembangunan IKN, karena pembangunan tidak semata membangun fisik, namun juga pembangunan karakter, budaya dan peradaban manusia di wilayah Kukar,” sambungnya.

Distribusi SDM

Selain itu, Sunggono yang mewakili Bupati Kutai Kartanegara tersebut menginginkan agar SDM di IKN nanti tidak semuanya diambil dari tenaga Pusat. Melainkan ada distribusi SDM dari wilayah lokal yang menjadi lokasi IKN nantinya.