Pemkab Kukar Minta Dukungan OKP Buat Rancangan Bangun IKN

OKP dan Pemkab Kukar
Ketua DPD KNPI Kukar dan Sekda Pemkab Kukar.

Redaksikota.com – Sejumlah organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar deklarasi dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Kutai Kartanegara (KNPI Kukar), Eko Wulandanu mengatakan, bahwa IKN Nusantara adalah penggerak ekonomi di masa depan khususnya bagi masyarakat Kalimantan.

“UU tentang IKN Nomor 3 Tahun 2022 telah disahkan oleh DPR RI, adalah menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan,” kata Eko dalam acara Rakerda DPD KNPI Kukar di pendopo Bupati, Minggu (27/3).

Dukungan penuh terhadap pembangunan IKN Nusantara ini dianggapnya perlu disalurkan oleh seluruh masyarakat Kalimantan. Apalagi selain kepentingan negara, IKN juga merupakan harapan besar masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Pembangunan IKN Nusantara, membuka ruang yang besar bagi masyarakat Kaltim untuk mendapatkan peningkatan kesejahteraan,” ujarnya.

Kemudian, Eko juga mengatakan, bahwa sebagai elemen masyarakat, pemuda merupakan lokomotif dan penggerak pembangunan di daerah. Oleh karena itu, ia sangat berharap para generasi muda Kaltim semakin memperkaya pengetahuan dan kemampuannya agar bisa bersaing demi membangun Indonesia ke depannya.

“Maka pemuda di Kaltim harus siap menangkap peluang pembangunan yang terbuka, serta berperan aktif dalam pembangunan IKN Nusantara,” sambungnya.

Dengan alasan itu semua, seluruh OKP yang bergabung dalam KNPI Kukar menyatakan dukungan terhadap pembangunan IKN Nusantara yang merupakan hasil kesepakatan pemerintah pusat dan DPR RI itu.

“Dalam rangka mempertegas elemen pemuda di Kukar terhadap pembangunan IKN Nusantara, maka seluruh OKP se Kukar yang terhimpun dalam wadah KNPI menyatakan sikap mendukung penuh pembangunan IKN Nusantara di Kaltim,” pungkasnya.

IMG 20220328

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Sekda Kukar) Sunggono menyampaikan apresiasi kepada deklarasi dan dukungan para organisasi kepemudaan di Kabupaten Kukar terhadap rencana pembangunan IKN Nusantara itu.

“Pemkab Kukar pada prinsipnya sangat mendukung Deklarasi dukungan OKP se Kab.Kukar terhadap pembangunan IKN Nusantara di Kaltim,” kata Sunggono.

Ia sangat berharap bahwa para generasi muda di Kukar adalah elite cerdas yang mampu menjadi penerus kepemimpinan di Indonesia.

“OKP yang terhimpun di KNPI sebagai gerakan yang cerdas,” ucapnya.

Bahkan Sunggono mengharapkan agar KNPI Kukar bisa membantu mendorong agar Pemda Kabupaten Kukar bisa menyusun rancang bangun wilayah yang berfokus pada dukungan yang elaboratif demi menopang IKN Nusantara nantinya.

“Pemda Kukar mengharapkan agar DPD KNPI Kukar ikut mendorong agar Pemda Khusus Otorita IKN Nusantara menyusun rencana wilayah yang tidak hanya berfokus kepada kawasan inti IKN, namun juga pada pembangunan kawasan pengembangan IKN di Kabupaten Kukar,” harapnya.

Lebih lanjut, Pemkab Kukar sebagai bagian dari mitra penting Badan Otorita IKN Nusantara memastikan, bahwa peran aktif masyarakat Kukar dalam pembangunan IKN tidak akan terabaikan.

“Seluruh masyarakat Kukar tidak akan terpisahkan dalam pembangunan IKN Nusantara yang dijalankan secara kolaboratif dan sinergi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, sehingga perlu dipastikan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya yang berkeadilan serta kesejahteraan bagi masyarakat Kukar sebagai mitra strategis Pemerintah Pusat,” pungkasnya.