Lahirnya Rampai Nusantara, Komitmen Perjuangkan Kepentingan Seluruh Masyarakat Indonesia

Rampai Nusantara merupakan organisasi perkumpulan yang di inisiasi oleh para tokoh muda dari berbagai kelompok aktivis dan elemen masyarakat yang dapat dikatakan warna politik nya pun berbeda-beda dengan berbagai profesi yang melatarbelakanginya.

Dalam Rampai Nusantara semua itu dipersatukan menjadi kekuatan besar yang diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat banyak.

Sejak tahun lalu gagasan untuk membangun Rampai Nusantara ini tercetus dan sudah melalui proses yang cukup panjang dengan diskusi mendalam terkait substansi organisasi ini yang perlu untuk di rancang dengan baik, tujuan utama dari Rampai Nusantara tentu ingin berperan aktif dan berkontribusi secara maksimal untuk membantu masyarakat diseluruh Indonesia dalam berbagai hal serta menjadi mitra yang baik dan produktif bersama pemerintah termasuk membangun sinergitas dengan TNI dan POLRI agar apa yang menjadi kepentingan atau kebutuhan masyarakat dapat segera tersampaikan dengan baik sehingga terealisasi secara cepat dan tepat sasaran.

Usia Rampai Nusantara ini masih sangat muda, secara organisasi baru berjalan sekitar dua bulan ini dan secara resmi dikukuhkan pada hari minggu tanggal 27 Maret 2022 yang di hadiri oleh berbagai komponen masyarakat termasuk para tokoh masyarakat, aktivis, rekan media, para ketua organisasi kemasyarakatan serta pejabat lembaga negara dan juga pengurus Dewan Eksekutif Daerah diberbagai Propinsi yang bersedia meluangkan waktunya untuk menyaksikan secara langsung seremoni lahirnya Rampai Nusantara.

Saat ini perluasan dan penguatan jaringan nusantara diberbagai daerah sedang berproses dan terus dilakukan, sudah 23 Propinsi yang sudah berhasil membentuk kepengurusan Dewan Eksekutif Daerah Rampai Nusantara dan 11 Propinsi sedang proses verifikasi, ditargetkan pasca Idul Fitri ini secara bertahap akan dilakukan pelantikan serta pengukuhan pengurus daerah sehingga diharapkan pada bulan agustus 2022 ini semua kepengurusan Rampai Nusantara di 34 Propinsi sudah terbentuk semua secara resmi dan dapat dilanjutkan perluasan jaringan di kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Ketua Umum Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara Mardiansyah yang biasa dipanggil Semar dalam pidato pengukuhan Rampai Nusantara menyampaikan beberapa hal terkait Rampai Nusantara, Hal yang penting untuk menjadi catatan, dengan penuh semangat perjuangan Mardiansyah menekankan kembali bahwa Rampai Nusantara lahir untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat banyak diberbagai bidang, sinergitas yang dibangun dengan pemerintah serta TNI dan POLRI dilakukan pun diharapkan untuk dapat membantu masyarakat yang kesulitan dengan menjamin hak warga negara tetap terjaga dengan baik termasuk rasa keadilan dan kehidupan yang layak.

“Rampai Nusantara itu dilahirkan untuk membantu dan memperjuangkan kepentingan masyarakat, apapun yang dapat dilakukan agar masyarakat bisa hidup dengan tenang dengan layak dan mendapatkan hak nya dengan baik tentu akan kita perjuangkan sampai kapan pun.”, tegas Semar saat ditemui pada acara Pengukuhan Rampai Nusantara di Jakarta, minggu 27/03/2022.

Terkait hal itu, tidak lama lagi akan memasuki Bulan Suci Ramadhan 1443 H dan seringkali menjelang Ramadhan kebutuhan pokok harga nya melonjak dan sulit didapat. Rampai Nusantara berharap pemerintah dapat mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok agar terkendali dan mudah didapat sehingga masyarakat dapat menjalani ibadah puasa dengan tenang, sejak beberapa waktu lalu kita melihat upaya yang terus menerus dilakukan oleh pemerintah dan juga aparat kepolisian agar harga kebutuhan pokok khususnya minyak goreng yg sempat langka dapat dengan mudah didapat dan semoga oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab atas kelangkaan ini dapat segera terungkap dan diproses secara hukum agar harga minyak goreng dapat kembali normal sehingga masyarakat pun tidak kesulitan dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

“Biasanya kalo mau bulan puasa semua harga naik, semoga dapat segera diatasi oleh pemerintah agar masyarakat tidak kesulitan apalagi masa pandemi yg sdh bertahun-tahun ini juga berdampak pada penghasilan masyarakat yang menurun tajam. Kapolri sudah berkali-kali langsung turun ke pasar-pasar dan juga menemui para produsen minyak goreng dan dampak nya langsung terasa dengan stock minyak goreng curah yang kembali normal dan diharapkan sampai hari raya Idul Fitri nanti kebutuhan akan bahan pokok lainnya juga dapat terpenuhi dengan harga terjangkau.”, ujar Semar.

Rampai Nusantara mengucapkan selamat datang bulan suci Ramadhan 1443 H dan juga ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat di tanah air yang akan menjalani Ibadah Puasa untuk dapat beribadah dengan tenang sehingga mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlimpah.

“Marhaban ya Ramadhan, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Salam Nusantara.” Kata Mardiansyah Semar Ketua Umum Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara.