Agenda Bintra Lemdik, Walikota Sukabumi Resmi Menerima Siswa SIP 51/2022 Sebagai Warga Kota Sukabumi

Sukabumi – Kasetukpa Lemdiklat Polri, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum bertindak selaku Inspektur Upacara secara resmi membuka kegiatan orientasi pengenalan lingkungan / pembinaan tradisi (Bintra) Lemdik dilingkungan Setukpa Lemdiklat Polri bagi Siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatah 51 TA. 2022. Upacara dilaksanakan di Lapangan Sutadi Ronodipuro Setukpa pada Rabu 9/04/2022.

Upacara Bintra Lemdik ini dilaksanakan secara serentak dengan satuan pendidikan lain yang menyelenggarakan pendidikan SIP Angkatan 51 tahun 2022 yaitu Pusdik Polair, Pusdik Binmas, Pusdik Min dan Pusdik Intel.

Dalam amanatnya, Kasetukpa menyampaikan bahwa Bintra Lemdik ini bermaksud untuk menanamkan jiwa juang untuk lebih mengenal dan menanamkan rasa cinta kepada lembaga, serta untuk lebih memudahkan proses adaptasi para siswa dengan lingkungan dan suasana lembaga pendidikan.

“Sehingga dengan dilaksanakan Bintra Lemdik ini tidak ada lagi alasan bagi perserta didik untuk bersikap malas akan tetapi harus dapat meningkatkan ilmu yang berbasis kompetensi, profesionalisme dan integritas sehingga tercapainya transformasi kepemimpinan yang Presisi, yang diwujudkan dalam kepemimpinan transformatif, kekeluargaan dan servant leadership, sebagaimana nama resimen yang telah disematkan yaitu Satya Intar Adinata Pratapa (SIAP) yang berarti perwira yang setia, cerdas, unggul berwibawa dan siap melaksanakan program Presisi.”, ungkap Kasetukpa.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan penyiraman air bunga oleh Kasetukpa didampingi oleh ibu Ketua Bhayangkari cabang 04 Setukpa Ny. Tasha Mardiaz.

Dalam kesempatan Bintra lemdik kali ini, dihadiri oleh Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi, S.Ag, M.M.Pd. yang dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para siswa SIP Angkatan 51 Tahun 2022 di kota Sukabumi, yang lebih dikenal sebagai Niza Van Java yang berarti kota sejuta cinta dan sejuta cerita.

Fahmi menambahkan “Kota Sukabumi berasal dari kata suka yang berati senang dan boemen yang berarti kota yang nyaman untuk disinggahi atau untuk tinggal, sehingga suatu saat nanti para peserta didik SIP akan merasakan kangen ingin kembali ke Kota Sukabumi.”

Fahmi pun menyampaikan bahwa Kota Sukabumi tidak bisa lepas dari keberadaan Kepolisian, fakta sejarah menyatakan bahwa sejak zaman Hindia Belanda tahun 1927 sudah berdiri sekolah pendidikan polisi di Sukabumi dan saat ini Pemkot Sukabumi sudah bersurat kepada Kementrian terkait dan Mabes Polri untuk dapat meresmikan Sukabumi sebagai Kota Polisi.

Keberadaan para peserta didik SIP Angkatan 51 dan Setukpa Lemdiklat Polri menurut Achmad Fahmi merupakan salah satu unsur pendukung utama isu perkembangan pembangunan Kota Sukabumi diantarnya sebagai pusat pelayanan kesehatan dan pusat potensi wisata heritage di Sukabumi.

Mengakhiri sambutannya, Walikota Sukabumi secara resmi mengucapkan Selamat kepada Siswa SIP Angkatan 51 tahun 2022 telah diterima sebagai warga Kota Sukabumi.

Selesai upacara kegiatan dilanjutkan dengan orientasi lingkungan, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19.