Dukung Polisi Bertindak Hadapi Pelaku Bersajam, IPW : Demi Penegakan Hukum, Harus Tegas!

JAKARTA – Sebagai upaya penegakan hukum, Indonesia Police Watch (IPW) mendukung langkah Polri melakukan tindakan tegas dalam menghadapi pelaku yang menggunakan senjata tajam (sajam).

Seperti yang dialami baru-baru ini terjadi pada anggota polisi lalu lintas di Banyuasin, Sumsel yang dikejar-kejar parang dan celurit oleh pria yang tidak senang anaknya di tilang.

“Tindakan mengancam dan mengejar dengan senjata tajam ini harus ditindak oleh hukum dengan diperiksa. Jangan dibiarkan sehingga mengesankan Polisi tidak tegas,” tegas Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso, hari ini.

Pada sisi lain, lanjut Sugeng, Polisi dalam hal ini Polisi lalu lintas juga harus bijaksana dan dapat mengambil hati masyarakat agar dicintai masyarakat.

“Polisi lalu lintas itu tidak dibekali senjata api sehingga jadi wajar menghindar bila mendapatkan serangan dengan senjata,” ujarnya.

Menurut dia, perlunya kepercayaan diri terkait dengan profesionalisme, dan hal ini memang banyak ditemui anggota dilevel bawah. Karena itu, kata dia, pembinaan, pelatihan berkala dan pendidikan harus diprioritaskan untuk anggota-anggota dibawah.

“Rekrutmen Polri harus berbasis rekrutmen yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Harus mendapat sumber daya yang memang terbaik. Tidak ada KKN,” pungkasnya.