PERMADANI Gelar Aksi Sumpah Pemuda, Ajak Mahasiswa dan Pemuda Berdemo Tertib Sesuai Aturan Hukum

JAKARTA – Ratusan massa tergabung dalam Pemuda Masyarakat Cinta Damai (PERMADANI) menggelar aksi damai di Bundaran Patung Kuda Indosat, Gambir Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021).

Dalam aksinya massa menyikapi momentum hari Sumpah Pemuda dan mereka berkomitmen mentaati hukum dan peraturan perundang-udangan yang berlaku, menjaga menghormati keamanan dan ketertiban umum serta menjaga keutuhan Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

“Di hari Sumpah Pemuda kali ini, mari kita sampaikan aksi unjuk rasa secara damai dan tertib, jangan berbuat anarkis. Tetap perhatikan protokol kesehatan untuk mencegah covid-19,” ungkap Koordinator aksi Miftahudin.

Kata dia, tidak dapat dipungkiri pelaksanaan demokrasi di Indonesia khususnya menyangkut Demonstrasi sering dilakukan oleh mahasiswa pada hari-hari besar nasional diberbagai titik di tempat publik hingga di depan Gedung pemerintahan sering menimbulkan aksi anarkhis.

Bahkan aturan dalam menyampaikan pendapat kerap dilanggar. Sehingga aparat keamanan terpaksa mengambil tindakan keras mulai dari penyemprotan gas air mata, pembuatan benteng pertahanan hingga desingan peluru yang terkadang sering dilontarkan ke udara untuk mensterilkan aksi demo.

“Perlunya kesadaran dan kontrol bersama dari para demonstran serta saling pengertian dari pihak pengamanan polisi untuk aksi massa/demonstrasi yang ideal agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan bahkan menjadi korban,” pungkasnya.