Percepat Vaksinasi, Organisasi Mahasiswa Minta Pemerintah Juga Jalin Kerjasama dengan Ormas

Jakarta – Sejak terjadinya pandemi Covid-19, vaksinasi menjadi focus yang dilakukan oleh Pemerintah guna membangun herd immunity guna mencipakan sebagian besar masyarakat terlindung/kebal terhadap penyakit tertentu sehingga menimbulkan dampak tidak langsung (indirect effect), yaitu turut terlindunginya kelompok masyarakat yang rentan dan bukan merupakan sasaran vaksinasi.

Dalam rangka menciptakan Herd Immunity maka cakupan vaksinasi yang tinggi dan merata menjadi kepentingan bersama. Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada para penyelenggara kegiatan vaksinasi agar menghabiskan dosis vaksin dan jangan sampai ada yang tersisa atau sengaja menyetok.

Hal itu ditegaskan Kepala Negara saat meninjau pelaksanaan Program Vaksinasi Merdeka di Kampus IPB University, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/9/2021).

Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Indonesia (Himapol Indonesia) turut memberikan pandangan terkait vaksinasi covid 19, Himapol Indonesia memiliki visi bahwa untuk membantu penyebaran vaksinasi maka pemerintah harus bekerjasama dengan organisasi-organisasi kemasyarakatan dan kemahasiswaan. Hal tersebut ditinjau atas dasar arahan Presiden Joko Widodo dalam rangka menghabiskan dosis vaksin.

Ketua Umum Himapol Indonesia, Alif Fathurrahman, turut mengapresiasi kinerja TNI/Polri yang telah bekerja keras dalam penangan pandemi Covid-19 termasuk dalam hal vaksinasi.

“Konsistensi pihak TNI/Polri dan unsur terkait kita dalam melakukan penanganan covid-19 patut diapresiasi terutama bila kita melihat output penurunan penyebaran covid-19 itu sendiri di masyarakat, keberhasilan penanganan covid-19 harus kita iringi dengan vaksinasi yang merata serta kesadaran dari masyarakat juga.”Jakarta, Jumat (25/9/2021).

Alif Fathurrahman menegaskan bahwa organisasi kemasyarakatan dan kemahasiswaan harus turut digandeng untuk percepatan vaksinasi.

“Organisasi-organisasi kemasyarakatan dan kemahasiswaan merupakan perpanjangan tangan antar pemerintah kepada masyarakat, untuk itu pemerintah perlu merangkul organisasi-organisasi tersebut guna menciptakan vaksinasi yang lebih cepat dan tersebar rata.” Ujarnya.

Himapol Indonesia sebagai organisasi kemahasiswa turut menyumbangkan pikiran dan tenaga dalam rangka menciptakan herd immunity, hal tersebut dilakukan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat agar masyarakat dapat disegerakan mendapatkan vaksinasi untuk segera terlepas dari pandemi covid-19.