Integrated Farming, Solusi Ketahanan Pangan Ala Green Youth Pemuda Muhammadiyah

IMG 20210607 WA0032

Bumiayu – Mencapai kemandirian pangan merupakan cita-cita bangsa Indonesia. Green Youth Farm Pemuda Muhammadiyah di Bumiayu, adalah wujud ikhtiar kita untuk membantu meningkatkan proses kemandirian dalam bidang pangan.

Penerapan sistem ‘integrated farming’, pertanian, perikanan dan peternakan dalam satu kawasan akan memberikan dampak lebih efektif dan efisien. Sistem ini juga memungkinkan hasil pertanian tidak mono komoditas. Peluang besar masih ada untuk menciptakan inovasi, apalagi jika bisa sampai pada tahap ‘zero waste’ sehingga lingkungan kita makin sehat dengan produktivitas yang lebih optimal.

Bacaan Lainnya

Launching program sistem pertanian terpada akan dilakukan di akhir Juni. Program ini adalah salah satu solusi bagi para petani dalam memenuhi berbagai kebutuhan pangan secara holistik dalam satu lahan.

Sistem ini masih bisa dikembangkan lebih baik lagi seiring dengan memperkenalkan sistem ini secara massif kepada masyarakat. Hal ini akan menjadi etalase baru dalam konteks dakwah bilhal oleh kader-kader Pemuda Muhmmadiyah.

Bentuk ikhtiar kecil ini mampu mengantarkan pertanian kita dimasa pandemi ini menjadi lebih maju, mandiri dan modern. Dapat bersaing serta berdikari alias independen, sehingga ketahanan pangan bangsa dapat kita jaga.

Pos terkait