Media Online Harus Komitmen, Perangi Hoax dan Berita Provokasi

JAKARTA – Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim, Arief Rahman menyatakan mendukung penuh kegiatan menangkal berita bohong atau hoax dan provokatif yang beredar di media online.

“AMSI sendiri ini berangkat dari perang melawan hoax sejak awal. Ranah kami memang memerangi hoax itu,” kata Arief Rahman, hari ini.

Pihaknya sangat senang dan terbuka untuk berkolaborasi secara sinergis dengan aparat keamanan untuk memerangi berita bohong ini.

“Saya kira kenyamanan, keamanan dan kondusifitas sosial akan tercipta bila hoax bisa diperangi bersama,” ujar Arief.

Salah satu pendiri AMSI, Dwi Eko “Lucky” Lokononto menambahkan, jika di dalam keanggotaan AMSI yang terdiri dari ratusan media ini, memiliki program Cek Fakta. Program tersebut dilakukan AMSI melalui sinergi dengan berbagai pihak untuk verifikasi berita atau informasi yang disinyalir bohong atau palsu. Pengecekan ini melibatkan beberapa aplikasi dan network AMSI se-Indonesia.

“Ada pelatihan Cek Fakta di anggota AMSI Jawa Timur. Mungkin nanti operasionalnya bisa bahu-membahu dengan teman-teman Polda Jatim dan tim. Semoga nanti bermanfaat,” tukas Lucky.