Gedung TK PAUD Insan Ceria Diresmikan, Warga Bahagia

SBT, Redaksikota.com – Keberadaan Sekolah TK PAUD merupakan pintu gerbang seorang anak mengenal dunia huruf, angka, membaca, menulis dan menghitung.

Karenanya kesadaran pentingnya keberadaan TK PAUD di Kecamatan Werinama Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mencerminkan tingginya kepedulian orangtua terhadap masa depan generasi Elnama (Werinama) yang tentunya bermuara pada tingginya peradaban di Kecamatan Werinama yang lebih maju kelak, sebab pendidikan adalah ruh peradaban itu sendiri.

Urgensi Keberadaan TK PAUD juga sekaligus mempermudah keberlanjutan siswa ketika mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar agar lancar membaca dan menulis.

Cermin kesadaran pendidikan ini dapat dilihat dari proses pembelajaran pada PAUD Elbekan di Desa Hatumeten dan PAUD Insan Ceria di Desa Perak Kecamatan Werinama yang terus aktif melakukan proses belajar mengajar walaupun selama ini masih menggunakan gedung kantor Desa saat jam belajar dengan fasilitas pendidikan yang masih kurang memadai.

Tingginya kesadaran pendidikan oleh masayarakat setempat melahirkan perencanaan pembangunan Gedung PAUD Insan Ceria masuk dalam alokasi Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun 2019 dan terealisasi pada ADD Desa Perak Kecamatan Werinama Tahun 2020 yang sekaligus diresmikan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Seram Bagian Timur Hi. Sidik Rumalowak pada Jum’at 30 Oktober 2020. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Desa Perak Awaludin La Idi.

“Kami sangat memiliki berkeinginan keras untuk mendorong Peningkatan kualitas Pendidikan di negeri kami, sehingga tak segan-segan mengalokasikan Anggaran Dana Desa untuk masalah Pendidikan, buktinya kami membangun sekolah TK PAUD ini dengan menggunakan Dana Desa. Kami juga sangat berterima kasih kepada Plt Kepala Dinas Pendidikan dan jajarannya yang pro aktif memberikan semangat dan selalu mendorong kemajuan pendidikan di SBT selama ini,” ungkap La Idi.

Sementara di sela-sela acara Peresmian TK PAUD Insan Ceria dan Elbekan yang dihadiri oleh Seluruh Dewan Guru, Kepala Desa dan Seluruh Stafnya, tokoh Adat, tokoh agama, tokoh pemuda, TNI, Polri serta seluruh masyarakat Desa Perak ini, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sidik Rumalowak menghimbau kepada para Guru TK PAUD dan seluruh guru Hebat SBT agar kembali pada kesadaran atas tugas dan tanggungjawab sebagai dalam mencerdaskan anak bangsa dan selalu peduli dengan kemajuan pendidikan negeri ini.

“Saya merasa berbagga dan berterima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat atas kepeduliannya terhadap dunia pendidikan, kepada bapak ibu guru hebat di Kecamatan Werinama ini kiranya kita kembali pada kesadaran atas tugas dan tanggungjawab dalam melaksanakan fungsi pengabdian kita dengan baik. Yakin dan percaya bahwa tiap kata dan kalimat yang kita ajarkan akan bernilai ibadah dan bermanfaat untuk masa depan SBT yang berdaya saing tinggi kelak,” ungkap Rumalowak.

Kegiatan inipun diakhiri dengan gunting pita peresmian Gedung TK PAUD Insan Ceria oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan SBT, sembari memantau berbagai kekuarangan vasilitas yang segera dibenahi.

Kepedulian Rumalowak yang memantau langsung kondisi pendidikan dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Werinama inipun diakhiri dengan peluk tangis penuh bangga masyarakat setempat sebagai bentuk lepas pisah bersama Dinas Pendidikan dan rombongannya di akhir kunjungan kerjanya.

Latest articles

Aliansi Pemuda Sulut Siap Ikut Sosialisasi UU Cipta Kerja

Redaksikota.com - Puluhan massa yang mengatasnamakan diri Aliansi Pemuda Sulawesi Utara menggelar aksi unjuk rasa mendukung omnibus law UU Cipta Kerja yang telah diundangkan...

KNPI Gelar Diskusi Pilkada 2020, Ketua Komisi II DPR RI Beri Pujian

JAKARTA - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengapresiasi kegiatan diskusi Pilkada bertema "Pemuda Sukseskan Pemilu Kada 2020" yang diinisiasi Dewan...

KNPI Rangkul Pemuda, Semangat Kawal dan Sukseskan Pilkada Serentak 2020

JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) mengajak kalangan pemuda, kaum milineal untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak 2020 di tengah...

Jangan Lengah Soal Protokol Kesehatan, Masyarakat Depok Siap Digandeng Sukseskan Pilkada 2020

Depok - Aliansi Masyarakat Pemerhati Demokrasi menggelar aksi damai didepan Kantor KPU dan Bawaslu Depok, Rabu (25/11/2020). Mereka mengajak masyarakat Kota Depok mensukseskan Pilkada Serentak...

Related articles