30 Ribu Lebih Orang Dari Jakarta Gunakan Kereta Api Saat Libur Panjang

penumpang kereta api

Redaksikota.com – Momen libur panjang mulai dari tanggal 27 hingga 30 Oktober 2020, PT KAI Daop 1 Jakarta sudah memberangkatkan lebih dari 30 ribu penumpang ke berbagai tujuan dari 3 stasiun yang ada di Jakarta.

Menurut Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, 30.470 penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota. Eva juga memaparkan beberapa tempat tujuan para penumpang kereta api.

Bacaan Lainnya

“Tujuan favorit para penumpang kali ini, antara lain kota Yogyakarta, Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” jelas Eva dalam rilis yang diterima, Sabtu (31/10/2020).

Dengan adanya peningkatan tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta juga mengoperasikan KA Tambahan secara bertahap hingga 27 KA per hari mulai tanggal 27 Oktober hingga 1 Nov 2020. “pemberangkatan 12 KA dari Stasiun Gambir, 13 KA dari Stasiun Pasarsenen dan 2 KA dari Stasiun Jakarta Kota,” kata Eva.

Biarpun alami kenaikan angka penumpang, PT KAI Daop 1 Jakarta tetap menerapkan pencegahan Covid-19 baik di area Stasiun dan perjalanan KA di atas KA. “Seperti, pembatasan okupansi penumpang maksimal sebanyak 70 persen dari kondisi normal,” ujar Eva.

PT KAI juga memberikan faceshield yang wajib digunakan pengguna jasa sepanjang perjalanan KA sampai dengan Stasiun tujuan. Sepanjang perjalanan, petugas juga akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh secara berkala.

Selain itu, juga disiapkan sejumlah fasilitas penunjang untuk penerapan protokol kesehatan seperti penambanan perangkat cuci tangan dan sanitizer serta pemasangan tanda batas jarak fisik baik di Stasiun dan Kereta.

Pos terkait